Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Harga Bekas Tembus Rp 200 Jutaan, Ini yang Bikin Honda NSR 150 Spesial

JAKARTA, KOMPAS.com – Beberapa waktu lalu, ada Honda NSR 150 SP yang dikabarkan terjual dengan harga Rp 200 jutaan. Sebagian orang ragu pada hal tersebut, karena bisa saja itu merupakan trik pedagang untuk menaikkan harga sepeda motor itu.

Di luar dari fenomena tersebut, NSR 150 series memang sudah banyak penggemarnya. Pasalnya, NSR 150 series saat ini bisa dibilang telah menjadi motor hobi.

Sebab, populasinya kini sangat sedikit dan sudah tidak diproduksi lagi. Dengan demikian, harga yang ditawarkan pun relatif tinggi.

“Kalau harga NSR SP sudah gaib, di atas Rp 200 jutaan. Kalau New RR kurang lebih Rp 100 jutaan,” ujar Tommy Patria, salah satu kolektor Honda NSR 150, kepada Kompas.com (2/3/2022).

Menurut penggawa bengkel Patria Techno, spesialis Honda NSR di Depok ini, ada beberapa hal yang membuat NSR menarik bagi pecinta motor 2 tak.

“Pada zaman awal masuk ke Indonesia, dia udah punya teknologi RC Valve. Orang bingung, apa sih RC Valve? Sedangkan teknologi motor lain masih kovensional,” ucap Tommy.

“Jadi itu adalah penggerak katup, yang tidak digerakkan dengan mekanisme manual, tapi dengan elektronik. Di situ ada cip, ada servo, dan penggeraknya adalah arus listrik, tenaganya dari aki dan kumparan daya,” kata dia.

Tommy juga mengatakan, dulu mekanik awam buta teknologi RC Valve. Kecuali, mekanik tersebut juga spesialis di elektronik.

“Jadi sebenarnya RC Valve bisa diservis kalau rusak, tapi terbatas yang bisa. Kalau dari pabrik sudah tidak produksi, karena di sana jualnya satu unit atau assy,” kata Tommy.

“Jadi harus diakal-akalin. Spare part RC Valve masih ada, cuma kembali lagi ke harga, pasti lumayan mahal,” ujar dia.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/03/04/170100615/harga-bekas-tembus-rp-200-jutaan-ini-yang-bikin-honda-nsr-150-spesial

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke