Ini Cara Menyalurkan Emosi di Jalan Raya Tanpa Merugikan Orang Lain

Kompas.com - 04/03/2022, 12:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Kejadian kemarahan di jalan raya (road rage) kembali terjadi di jalanan Indonesia. Kali ini, kejadian cekcok tersebut diunggah oleh akun Romansa Sopir Truck ke Instagram.

Kejadian ini dilakukan oleh pria berbadan kekar yang menganiaya sopir truk, diduga kedua kendaraan serempetan di jalan. Pria tadi pun membanting sopir truk yang baru saja turun dari kendaraannya dan menginjak kepalanya.

Jika melihat kejadian seperti ini, perlu diingat juga untuk selalu menjaga emosi ketika berada di jalan raya. Memang, jalan raya penuh hal-hal yang kadang membuat jengkel, bahkan hingga emosi.

Baca juga: Begini Cara Meredam Emosi di Jalan Raya Saat Berkendara

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Romansa Sopir Truck (@romansasopirtruck)

 

Namun, cara menyalurkan emosi jadi penganiayaan tidak bisa dibenarkan. Pengemudi harus bisa menyalurkan emosi ke perilaku yang lebih baik.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, ada tiga hal yang perlu diperhatikan saat mengemudi, yakni bertanggung jawab, kontrol diri, dan berpikir positif.

“Pengemudi harus paham kalau menyetir berisiko kecelakaan dan rawan konflik, jadikan tanggung jawab sebagai budaya dalam kehidupan sehari-hari, bukan slogan,” kata Sony kepada Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Pilihan MPV Murah Bulan Ini, Mulai dari Rp 140 Jutaan

Kemudian, kontrol diri diperlukan agar bisa saling berbagi, sopan, dan mengalah ketika berkendara. Anggap saja banyak pengguna jalan yang memiliki kepentingan yang mungkin harus didahulukan.

“Terkahir adalah positive thinking, sampingkan ego dan pikirkan risiko terjelek,” ucap Sony.

Jika pengemudi sudah emosi, tarik dan buang nafas secara teratur. Buang pikiran-pikiran jelek yang bisa menimbulkan konflik di jalan dan fokus pada tujuan akhir dalam perjalanan tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.