Honda Siap Luncurkan Motor Adventure CRF190L

Kompas.com - 01/03/2022, 20:02 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Honda India kabarnya bakal meluncurkan motor sport adventure terbarunya, yakni Honda CRF190L. Motor ini bakal mengusung mesin satu silinder berpendingin udara dengan kapasitas 184 cc.

Dilansir dari Gaadiwaadi (1/3/2022), Presiden Honda Motorcycle and Scooters India (HMSI) Atsushi Ogata, mengungkapkan, bahwa pabrikan Jepang ingin memperkuat portofolio sepeda motor di kelas 150 cc ke atas.

Selain menghadirkan CBR 150R, Honda juga telah mematenkan CRF190L, yang awalnya merupakan motor adventure entry level di China dan mengambil basis desain dari CRF1100L.

Baca juga: Benarkah Headrest Bisa Pecahkan Kaca Mobil Dalam Keadaan Darurat?

Honda CRF190LGAADIWAADI.com Honda CRF190L

Seperti diketahui, Honda CRF190L melakukan debut globalnya pada tahun 2021 dan diposisikan di atas CB150X sebagai sepeda motor berbasis off-road dengan tampilan yang dibuat khusus.

Melihat tampilannya, CRF190L hadir dengan headlamp berbentuk persegi panjang, kaca spion berbentuk lingkaran, single-piece seat setup, side-mounted exhaust system, serta grip rail yang kokoh.

Motor ini juga dibekali windscreen yang tinggi, rak bagasi, dan grafis bodi yang terinspirasi dari Reli Dakar.

Baca juga: Gagal Wheelie Sambil Berdiri, Motor Terjun dari Tebing

Honda CRF190L untuk pasar ChinaFoto: Paultan.org Honda CRF190L untuk pasar China

Honda CRF190L memiliki tinggi jok 830 mm (25 mm lebih rendah dari KTM 390 ADV dan 7 mm lebih tinggi dari Hero Xpulse 200). Adapun untuk ground clearance-nya sebesar 240 mm dan bobot keseluruhan mencapai 145 kg.

Kemungkinan CRF190L versi India mendapatkan mesin berpendingin udara satu silinder 184 cc yang sama dengan Hornet 2.0 dan CB200X.

Mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga 17,3 PS atau setara 15 tk dan torsi 16,1 Nm, serta dikombinasikan dengan transmisi 5-percepatan.

Sebagai motor adventure, kaki-kaki dibuat sederhana dan kuat dengan pelek jari-jari ukuran 19 inci di depan dan 17 inci di belakang, serta dibalus ban dual purpose. Adapun sokbreker depan pakai teleskopik dan di belakang monoshock.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.