Antisipasi Kemacetan Jalur Puncak, Pemotor Nakal Bakal Ditindak

Kompas.com - 01/03/2022, 18:41 WIB
|

BOGOR, KOMPAS.com – Pada Kamis (3/3/2022), kawasan Puncak Bogor, Jawa Barat, diprediksi akan kembali dibanjiri wisatawa saat libur Nyepi. Untuk mengantisipasi kemacetan tersebut, polisi telah menyiapkan sejumlah strategi.

Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Suntana, mengatakan, kemacetan yang terjadi di Puncak pada Minggu (27/2/2022), disebabkan oleh beberapa hal.

Selain karena padatnya volume kendaraan karena banyak orang yang berlibur saat momentum libur peringatan Isra Mikraj, juga karena terdapat 10 kendaraan yang mogok di tengah jalan.

Suntana juga mengatakan, pihaknya bakal menjalankan standar operasional prosedur (SOP) dengan menempatkan beberapa personel di lokasi-lokasi yang rawan kemacetan.

Baca juga: Mobil Bau Sangit Saat Macet di Jalur Puncak, Bahayakah?

Polisi mengatur lalu lintas saat terjadi kepadatan kendaraan di jalur wisata Puncak, Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (27/2/2022). Tingginya antusiasme masyarakat untuk berwisata pada libur akhir pekan dan libur Isra Miraj Nabi Muhammad SAW, mengakibatkan kepadatan kendaraan di jalur Puncak Bogor sehingga Satlantas Polres Bogor melakukan rekayasa buka tutup jalur untuk mengurai kepadatan kendaraian.ANTARA FOTO/YULIUS SATRIA WIJAYA Polisi mengatur lalu lintas saat terjadi kepadatan kendaraan di jalur wisata Puncak, Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (27/2/2022). Tingginya antusiasme masyarakat untuk berwisata pada libur akhir pekan dan libur Isra Miraj Nabi Muhammad SAW, mengakibatkan kepadatan kendaraan di jalur Puncak Bogor sehingga Satlantas Polres Bogor melakukan rekayasa buka tutup jalur untuk mengurai kepadatan kendaraian.

Ia turut merespons banyaknya gambar dan video yang memperlihatkan layaknya lautan sepeda motor di jalur puncak.

Rencananya, perilaku para pengendara motor ini bakal dapat perhatian khusus. Tujuannya agar masyarakat tidak mengendarai roda dua secara berombongan.

“Kami akan melakukan sosialisasi, bahkan edukasi,” ujar Suntana, dilansir dari Antara (1/3/2022).

Baca juga: Jadwal MotoGP Qatar 2021, Seri Perdana Sebelum GP Mandalika

Pembangunan jalur Puncak II diyakini bisa menjadi solusi konkret mengatasi kemacetan di jalur Puncak terutama di musim libur dan akhir pekan.KOMPAS.COM/FIRMAN TAUFIQURRAHMAN Pembangunan jalur Puncak II diyakini bisa menjadi solusi konkret mengatasi kemacetan di jalur Puncak terutama di musim libur dan akhir pekan.

“Kalau perlu, melakukan tindakan-tindakan terhadap perilaku pengendara motor yang berjalan rombongan yang suka mengganggu dan mengambil hak jalan pengendara lain,” kata dia.

Sementara itu, Kapolres Bogor AKBP Iman Imanuddin, mengatakan, pihaknya bakal melakukan imbauan kepada masyarakat untuk mematuhi peraturan lalu lintas.

“Kemudian sepanjang jalur juga kami tempatkan personel Polres Bogor. Jadi untuk membantu kelancaran arus bagi masyarakat yang mengarah ke Puncak, kita tempatkan personel sepanjang jalur Puncak,” ujar Iman, dilansir dari NTMC Polri (1/3/2022).

Baca juga: MGPA Menyetujui Arahan Jokowi untuk Turunkan Kapasitas Penonton MotoGP

Sejumlah pengendara antre di jalur wisata Puncak, Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (27/2/2022). Tingginya antusiasme masyarakat untuk berwisata pada libur akhir pekan dan libur Isra Miraj Nabi Muhammad SAW, mengakibatkan kepadatan kendaraan di jalur Puncak Bogor sehingga Satlantas Polres Bogor melakukan rekayasa buka tutup jalur untuk mengurai kepadatan kendaraian.ANTARA FOTO/YULIUS SATRIA WIJAYA Sejumlah pengendara antre di jalur wisata Puncak, Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (27/2/2022). Tingginya antusiasme masyarakat untuk berwisata pada libur akhir pekan dan libur Isra Miraj Nabi Muhammad SAW, mengakibatkan kepadatan kendaraan di jalur Puncak Bogor sehingga Satlantas Polres Bogor melakukan rekayasa buka tutup jalur untuk mengurai kepadatan kendaraian.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.