Jalur Puncak Bogor Macet, Polisi Lakukan Pengalihan Arus Lalu Lintas

Kompas.com - 27/02/2022, 14:11 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada hari kedua libur panjang, Minggu (27/2/2022) arus lalu lintas kendaraan di jalur Puncak Bogor, Jawa Barat, terpantau padat.

Dikutip dari Regional Kompas.com, kondisi kepadatan atau kemacetan tersebut terpantau terjadi mulai Simpang Gadog sampai Pasir Angin arah Pasar Cisarua.

Kendaraan terlihat mengular hingga dua kilometer lebih dari Simpang Gadog. Bahkan bus pariwisata juga terlihat mengular keluar dari Exit Gerbang Tol (GT) Ciawi atau KM 45 dari arah Jakarta menuju Puncak Bogor.

Baca juga: Jasa Marga Perbaiki Gardu 10 GT Bekasi Timur, Tidak ada Rekayasa Lalin

Petugas kepolisian pun terlihat melakukan pengalihan arus kendaraan ke arah Ciawi atau satu arah secara situasional di jalur tersebut.

KBO Lantas Polres Bogor Iptu Ketut Lasswarjana mengatakan, arus kendaraan dari dan ke arah wilayah wisata Puncak Bogor terpantau meningkat selama akhir pekan ini. Terlebih, akhir pekan ini juga bertepatan dengan tanggal merah atau libur perayaan Isra Miraj tahun 2022.

Satlantas Polres Bogor menerapkan sistem one way atau satu arah menuju Jakarta di Jalur Puncak Bogor, Jawa Barat, Sabtu (26/2/2022)KOMPAS.COM/AFDHALUL IKHSAN Satlantas Polres Bogor menerapkan sistem one way atau satu arah menuju Jakarta di Jalur Puncak Bogor, Jawa Barat, Sabtu (26/2/2022)

“Kemacetan memang kalau kita lihat sampai 2 Km lebih. Kemacetan terjadi mulai pukul 10.30 WIB sampai saat ini,” ucap Ketut.

Pihaknya pun menerapkan kebijakan situasional berupa pemberlakuan satu arah ke bawah atau ke Jakarta. Pengendara yang hendak naik diminta untuk menunggu sitem one way selesai atau diberlakukannya kembali ganjil genap.

Baca juga: Selisih Rp 5 Jutaan, Mending VW T-Cross atau Mitsubishi Eclipse Cross?

Sebab, kendaraan menuju atas atau Puncak dihentikan sementara di Exit GT Ciawi atau sekitaran Pospol Simpang Gadog.

“Karena ada kepadatan ini, kita akan laksanakan rekayasa lalin penarikan arus dari Jakarta menuju ke Puncak secara bergantian,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.