Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Liburan Long Weekend, Ini Cara Cek Tarif Tol Secara Online

Kompas.com - 27/02/2022, 12:41 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Melakukan perjalanan yang cukup panjang dan melewati jalan tol saat libur panjang seperti perayaan Isra Miraj, perlu memperhatikan besaran uang elektronik agar tidak terhambat.

Pasalnya, masih sering ditemui pengendara yang kurang memperhatikan dan memperhitungkan hal tersebut. Sehingga membuat perjalanan tidak nyaman khususnya ketika malam hari.

Sebenarnya memperkirakan besaran tarif tol yang harus dibayar sangat mudah, bahkan bisa dicek secara online. Sehingga, saldo uang elektronik bisa disesuaikan kembali sebelum memasuki ruas tol.

Baca juga: Long Weekend, 165.752 Kendaraan Pergi Meninggalkan Jabotabek

Transaksi non-tunai menggunakan kartu e-toll cuma butuh waktu 2-3 detik(GARRY ANDREW LOTULUNG/Kompas.com) Transaksi non-tunai menggunakan kartu e-toll cuma butuh waktu 2-3 detik

Sedikitnya terdapat tiga cara untuk mengetahui biaya tol melalui ponsel, yakni dengan mengunduh aplikasi ataupun membuka situas resmi Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) atau PT Jasa Marga (Persero) Tbk.

Berdasarkan penelusuran Kompas.com, di antaranya sebagai berikut.

Ilustrasi cara cek tarif tol di website BPJT. Masyarakat dapat dengan mudah melihat berapa total tarif tol yang akan dikeluarkan.Tangkapan layar lama bpjt.pu.go.id Ilustrasi cara cek tarif tol di website BPJT. Masyarakat dapat dengan mudah melihat berapa total tarif tol yang akan dikeluarkan.

Cek biaya tol lewat situs BPTJ

Masyarakat dapat mengakses menu Tarif Tol Navigasi di menu Tarif Tol untuk cek tarif tol online melalui website BPTJ atau melakukan cara berikut ini:

1. Buka situs https://bpjt.pu.go.id/cek-tarif-tol

2. Isi kolom Ruas Jalan Tol, Gerbang Masuk, Gerbang Keluar, Golongan Kendaraan, sesuai dengan kebutuhan

3. Nantinya akan muncul besaran biaya yang dikenakan

Baca juga: Berkendara di Jalan Tol, Ingat Rumus Jaga Jarak 3 Detik

Ilustrasi cara cek tarif tol di website Jasa Marga. Masyarakat dapat dengan mudah melihat berapa total tarif tol yang akan dikeluarkan.Tangkapan layar laman jasamarga.com. Ilustrasi cara cek tarif tol di website Jasa Marga. Masyarakat dapat dengan mudah melihat berapa total tarif tol yang akan dikeluarkan.

Cek biaya tol lewat situs Jasa Marga

PT Jasa Marga (Persero) Tbk seaku pengelola jalan tol di Indonesia juga menyediakan cara cek tarif tol secara online, sebagai berikut:

1. Buka situs https://www.jasamarga.com/public/id/infolayanan/pemandutol.aspx

2. Isi kolom Ruas Tol, Asal Tol, serta Tujuan Tol

3. Klik tombol Tampilkan, nantinya akan muncul besaran biaya yang dikenakan lengkap untuk tiap-tiap golongan kendaraan

Ilustrasi cara cek tarif tol di aplikasi Travoy Jasa Marga. Masyarakat dapat dengan mudah melihat berapa total tarif tol yang akan dikeluarkan.Tangkapan layar aplikasi Travoy. Ilustrasi cara cek tarif tol di aplikasi Travoy Jasa Marga. Masyarakat dapat dengan mudah melihat berapa total tarif tol yang akan dikeluarkan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com