Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Komparasi Toyota Veloz Versi Indonesia dengan Thailand

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota All New Veloz kini sudah resmi tak menjadi bagian dari Avanza dan berdiri menjadi produk tersendiri. Usai diluncurkan di Indonesia jelang akhir 2021, kini Veloz ikut dipasarkan di Thailand.

Di Negeri Gajah Putih tersebut, Veloz ditawarkan dalam dua pilihan varian, yakni Smart dan Premium. Dilansir dari Paultan, Sabtu (26/2/2022), Veloz Smart dibanderol 795.000 baht atau sekitar Rp 350 jutaan, dan Veloz Premium di harga 875.000 baht atau Rp 385 jutaan.

Apakah Veloz di Indonesia dengan yang dijual di pasar domestik Thailand memiliki perbedaan yang signifikan?

Ternyata secara keseluruhan, tidak ada perbedaan mencolok pada Veloz versi Indonesia maupun Thailand.

Keduanya memiliki desain eksterior yang serupa, lebih bongsor dengan lekuk ala mobil modern, serta hampir menyerupai mobil SUV.

Hanya saja, ada penambahan cladding yang tak terlalu besar pada Veloz versi pasar Thailand. Cladding tersebut dipasang pada pintu samping serta area dekat lampu kabut.

Masuk ke dalam kabin, interiornya juga bisa dikatakan hampir 100 persen mirip. Perbedaan ada pada head unit yang terpasang.

Untuk Veloz Thailand, head unit yang digunakan berwujud layar 9 inci dengan tampilan menu yang berbeda dari Veloz Indonesia.

Perkara dapur pacu pun tidak ada yang berbeda. Veloz Thailand tetap dibekali mesin 2NR-VE kubikasi 1.500 cc dengan tenaga 104,5 tk pada 6.000 rpm dan torsi puncak 138 Nm di putaran 4.200 rpm.

Namun jika melihat sistem transmisinya, Toyota Thailand hanya memasarkan Veloz dengan transmisi matik D-CVT saja. Dengan kata lain masyarakat Thailand tidak akan merasakan pengalaman berkendara dengan tiga pedal (transmisi manual) pada Veloz versi pasar domestiknya.

Urusan fitur keselamatan, hanya tipe Premium saja yang dilengkapi Toyota Safety Sense (TSS) berisi Pre-Collision System, Front Departure Alert, Pedal Misoperation Control, serta Lane Departure Warning System with Lane Departure Alert (LDA) dan Steering Assist.

Tapi baik Veloz tipe Smart maupun Premium sama-sama memiliki fitur 6 Airbags, Stability Control, Blind Spot Monitoring, dan Rear Cross Traffic Alert.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/02/27/074100415/komparasi-toyota-veloz-versi-indonesia-dengan-thailand

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke