51 Varian Nikmati Diskon PPnBM, Daihatsu Pastikan Refund Uang Konsumen

Kompas.com - 23/02/2022, 08:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah akhirnya resmi mengumumkan daftar mobil yang menikmati diskon perpanjangan PPnBM, baik untuk LCGC dengan potongan 100 persen, serta non-LCGC dengan diskon pajak 50 persen.

Berdasarkan daftar yang tertera pada Keputusan Menteri Perindustrian Nomor 852 Tahun 2022 tentang Kendaraan Bermotor dengan PPnBM atas Penyerahan Barang Kena Pajak yang Tergolong Mewah Ditanggung Pemerintah Tahun Anggaran 2022, produk keluaran Daihatsu nampaknya yang paling banyak menikmati relaksasi.

Totalnya ada 51 varian dari lima model Daihatsu yang mendapat diskon pajak tahun ini. Untuk Ayla dan Sigra di segmen LCGC, sudah lebih dulu mengalami penurunan harga sejak Januari.

Baca juga: Resmi, Ini Daftar Mobil yang Menerima Insentif PPnBM 2022

Sementara sisanya yang baru saja mengalami revisi harga mulai Senin (21/2/2022), terdiri dari MPV murah All New Xenia, dan dua lagi berasal dari segmen SUV murah, yakni Terios dan Rocky.

Daihatsu Terios Eco IdleKOMPAS.com/STANLY RAVEL Daihatsu Terios Eco Idle

Pertanyaannya, bagaimana nasib konsumen yang sudah melakukan pembelian dari model tersebut sebelum daftar penerima PPnBM resmi diterbitkan pemerintah?

Menjawab hal ini, Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & CR Division Head PT Astra International-Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) mengatakan, pihaknya bakal melakukan refund atau mengembalikan dana kepada konsumen.

"Betul, jadi untuk konsumen yang sudah melakukan pembelian dari periode Januari sampai Februari akhir minggu lalu, hanya pada model dan varian yang terdampak sudah pasti PPnBM-nya akan di-refund sebesar 50 persen dari rate-nya yang 15 persen menjadi 7,5 persen," kata Hendrayadi kepada Kompas.com, Selasa (22/2/2022).

Baca juga: Detail Penurunan Harga Daihatsu All New Xenia, Rocky, dan Terios

Seperti diketahui, untuk diskon PPnBM 50 persen berlaku bagi mobil di luar segmen LCGC dengan ketentuan harga di bawah 250. Dengan demikian, konsumen hanya membayar tarif PPnBM sebesar 7,5 persen.

Test Drive Daihatsu Rocky 1.2 L ADM Test Drive Daihatsu Rocky 1.2 L

Namun, pemberian relaksasi berupa potongan pajak dari pemerintah untuk mobil non-LCGC hanya berlaku sangat singkat, yakni sepanjang Kuartal I 2022 atau hingga Maret. Setelahnya, tidak ada lagi insentif atau kembali menggunakan harga normal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.