Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tol Japek II Selatan Siap Beroperasi 2023

Kompas.com - 10/02/2022, 17:41 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Pembangunan Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan terus mengalami perkembangan. Jalan tol ini akan menyambungkan Sadang (Kabupaten Purwakarta) hingga Setu (Kabupaten Bekasi), yang terintegrasi dengan jaringan Jalan Tol Cipularang dan JORR 2 Jalan Tol Cimanggis-Cibitung.

PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui anak usahanya PT Jasamarga Japek Selatan (JJS), mencatat progres konstruksi 60,82 persen, untuk Jalan Tol Japek II Selatan Seksi 3 (Tamanmekar-Sadang) sepanjang 27,85 Km hingga akhir Januari 2022.

Direktur Utama PT JJS D. Hari Pratama, mengatakan, saat ini progres konstruksi yang berjalan untuk keseluruhan Jalan Tol Japek II Selatan memang diprioritaskan pada Seksi 3 yang masuk ke dalam wilayah Kab. Karawang dan Kab. Purwakarta.

Baca juga: Konsumen Beli Fazzio Dipaksa Kredit, Begini Jawaban Yamaha

Progres pembangunan Tol Japek II SelatanDok. Jasa Marga Progres pembangunan Tol Japek II Selatan

“Sementara itu untuk progres pembebasan lahan untuk tiga seksi pekerjaan secara keseluruhan saat ini mencapai 57,18 persen,” ujar Hari, dalam keterangan tertulis (10/2/2022).

“Di mana dari jumlah tersebut untuk pembebasan lahan masing-masing seksi yaitu Seksi 3 (Tamanmekar-Sadang) telah mencapai 92,04 persen, Seksi 2 Setu-Tamanmekar sebesar 38,29 persen dan Seksi 1 Jatiasih-Setu sebesar 3,29 persen,” kata dia.

Hari juga menjelaskan, dalam membangun Jalan Tol Japek II Selatan proses pembebasan lahan diprioritaskan pada lokasi Kabupaten Bekasi, Kabupaten Karawang, dan Kabupaten Purwakarta (Seksi 2 dan Seksi 3).

Baca juga: Video Debt Collector Ambil Paksa Mobil di Surabaya, Pahami Aturannya

Tol Japek II SelatanDok. Jasa Marga Tol Japek II Selatan

“Kami menargetkan penyelesaian konstruksi dari Seksi 3 (Tamanmekar-Sadang) di akhir tahun 2022 dengan rencana pengoperasian di awal tahun 2023,” ucap Hari.

Jalan Tol Japek II Selatan dengan total investasi senilai Rp14,69 Triliun dan masa konsesi 35 tahun ini diharapkan dapat memangkas waktu tempuh perjalanan dari Jakarta menuju Cikampek dari sisi selatan jika telah beroperasi penuh.

Jalan Tol Japek II Selatan tersebut nantinya akan memiliki 7 (tujuh) buah Gerbang Tol (GT) yaitu, GT Jati Asih, GT Bantar Gebang, GT Setu, GT Sukaragam, GT Taman Mekar, GT Kutanegara, dan GT Sadang.

Baca juga: Panasnya Indonesia, Komentar Pebalap MotoGP Usai Lari dan Bersepeda di Trek Mandalika

Pembangunan Tol Japek IIDok. Jasa Marga Pembangunan Tol Japek II

Nantinya dengan terhubungnya jalan tol ini akan meningkatkan mobilitas sehingga dapat menurunkan biaya logistik distribusi barang dari wilayah-wilayah yang dilewati jalan tol tersebut.

“Hal ini juga berpotensi mendatangkan minat-minat investasi lain di Jawa Barat yang dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan pengembangan wilayah industri, perumahan maupun wisata terutama di sepanjang trase jalan tol tersebut,” kata Hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com