Salin Artikel

Tol Japek II Selatan Siap Beroperasi 2023

JAKARTA, KOMPAS.com – Pembangunan Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan terus mengalami perkembangan. Jalan tol ini akan menyambungkan Sadang (Kabupaten Purwakarta) hingga Setu (Kabupaten Bekasi), yang terintegrasi dengan jaringan Jalan Tol Cipularang dan JORR 2 Jalan Tol Cimanggis-Cibitung.

PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui anak usahanya PT Jasamarga Japek Selatan (JJS), mencatat progres konstruksi 60,82 persen, untuk Jalan Tol Japek II Selatan Seksi 3 (Tamanmekar-Sadang) sepanjang 27,85 Km hingga akhir Januari 2022.

Direktur Utama PT JJS D. Hari Pratama, mengatakan, saat ini progres konstruksi yang berjalan untuk keseluruhan Jalan Tol Japek II Selatan memang diprioritaskan pada Seksi 3 yang masuk ke dalam wilayah Kab. Karawang dan Kab. Purwakarta.

“Sementara itu untuk progres pembebasan lahan untuk tiga seksi pekerjaan secara keseluruhan saat ini mencapai 57,18 persen,” ujar Hari, dalam keterangan tertulis (10/2/2022).

“Di mana dari jumlah tersebut untuk pembebasan lahan masing-masing seksi yaitu Seksi 3 (Tamanmekar-Sadang) telah mencapai 92,04 persen, Seksi 2 Setu-Tamanmekar sebesar 38,29 persen dan Seksi 1 Jatiasih-Setu sebesar 3,29 persen,” kata dia.

Hari juga menjelaskan, dalam membangun Jalan Tol Japek II Selatan proses pembebasan lahan diprioritaskan pada lokasi Kabupaten Bekasi, Kabupaten Karawang, dan Kabupaten Purwakarta (Seksi 2 dan Seksi 3).

“Kami menargetkan penyelesaian konstruksi dari Seksi 3 (Tamanmekar-Sadang) di akhir tahun 2022 dengan rencana pengoperasian di awal tahun 2023,” ucap Hari.

Jalan Tol Japek II Selatan dengan total investasi senilai Rp14,69 Triliun dan masa konsesi 35 tahun ini diharapkan dapat memangkas waktu tempuh perjalanan dari Jakarta menuju Cikampek dari sisi selatan jika telah beroperasi penuh.

Jalan Tol Japek II Selatan tersebut nantinya akan memiliki 7 (tujuh) buah Gerbang Tol (GT) yaitu, GT Jati Asih, GT Bantar Gebang, GT Setu, GT Sukaragam, GT Taman Mekar, GT Kutanegara, dan GT Sadang.

Nantinya dengan terhubungnya jalan tol ini akan meningkatkan mobilitas sehingga dapat menurunkan biaya logistik distribusi barang dari wilayah-wilayah yang dilewati jalan tol tersebut.

“Hal ini juga berpotensi mendatangkan minat-minat investasi lain di Jawa Barat yang dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan pengembangan wilayah industri, perumahan maupun wisata terutama di sepanjang trase jalan tol tersebut,” kata Hari.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/02/10/174100415/tol-japek-ii-selatan-siap-beroperasi-2023

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.