Buat Pemula, Jangan Lupa Baca Rambu Lalu Lintas Saat Berkendara

Kompas.com - 05/02/2022, 14:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat belajar mengemudikan mobil, ada banyak hal yang harus diperhatikan demi menjaga keselamatan berkendara.

Operasional kendaraan, pembiasaan diri mengemudi sesuai dengan transmisi mobil merupakan beberapa hal yang dipelajari pengemudi pemula. Namun, ada satu hal yang penting dan seringkali diabaikan.

Training Director Safety Defense Consulting Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, salah satu hal yang sering diabaikan oleh pengemudi pemula adalah kebiasaan membaca rambu-rambu lalu lintas.

Baca juga: Pahami Arti Rambu Petunjuk Jalan di Tol Berdasarkan Warna

"Mereka tidak teredukasi untuk selalu membaca rambu-rambu lalu lintas. Sehingga, kalau kita lihat kecelakaan, banyak sekali itu akibat dari pelanggaran lalu lintas," ujarnya pada Kompas.com, belum lama ini.

Ia menekankan, saat belajar mobil, pengemudi pemula tidak bisa hanya berfokus pada operasional kendaraan. Kebiasaan membaca rambu-rambu lalu lintas juga harus diterapkan untuk menghindari pelanggaran lalu lintas dan bahaya di jalan.

Rambu-rambu lalu lintas memberikan petunjuk atau informasi bagi pengemudi, biasanya berupa peringatan, larangan dan petunjuk.

Abai terhadap rambu-rambu lalu lintas memperbesar potensi pengemudi pemula melakukan pelanggaran lalu lintas.

Coba jelaskan arti masing-masing rambu lalu lintas ini.Febri Ardani/KompasOtomotif - Berbagai sumber Coba jelaskan arti masing-masing rambu lalu lintas ini.

Training Director The Real Driving Center (RDC) Roslianna Ginting menegaskan, rambu lalu lintas merupakan salah satu hal yang wajib diperhatikan pengemudi pemula saat berkendara, terlebih saat berkendara di jalan tol.

"Rambu lalu lintas wajib diperhatikan," kata Roslianna pada Kompas.com, belum lama ini. "Di jalan tol resikonya besar dibandingkan jalan non-tol, dikarenakan dampak dari kecepatan kendaraan yang dilakukan."

Contohnya, di jalan tol, ada rambu yang mengindikasikan batas kecepatan maksimal dan minimal untuk pengemudi. Jika diabaikan, pengemudi berpotensi mencelakakan dirinya sendiri dan pengguna jalan lain.

Baca juga: Begini Cara Blokir STNK via Online

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.