Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Vario 160, Motor Kedua AHM yang Pakai Mesin eSP+ Punya 4 Klep

Kompas.com - 02/02/2022, 15:01 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Astra Honda Motor (AHM) resmi meluncurkan All New Honda Vario 160 di Indonesia. Skutik baru itu jadi model kedua yang diproduksi langsung oleh AHM, yang mengusung mesin eSP+.

All New Honda Vario 160 mengusung rangka baru Honda yaitu eSAF (enhanced Smart Architecture Frame) yang lebih ringan, lebih kaku dan membuat pengendalian lebih lincah.

Sementara mesinnya merupakan generasi terbaru, serupa punya PCX 160 dengan kapasitas 160cc 4-katup eSP+, berpendingin cairan.

Baca juga: All New Honda Vario 160 Dibanderol Mulai Rp 25,8 Juta

All New Honda Vario 160KOMPAS.com/Adit All New Honda Vario 160

Untuk diketahui, ubahan paling mencolok pada mesin eSP+ ada pada jumlah klepnya. Pada Vario 150, mesin eSP yang digunakannya hanya menggunakan 2 klep. Sedangkan pada Vario 160, dibekali dengan 4 klep pada mesinnya.

Mesin tersebut menghasilkan tenaga 11,3 kW atau setara 15,3 tk pada 8.500 rpm dan torsi puncak 13,8 Nm pada 7.000 rpm.

Figur tenaganya sedikit lebih kecil daripada PCX 160, yang menghasilkan 11,8 kW atau setara 16 tk pada 8.500 rpm dan torsi 14,7 Nm pada 6.500 rpm.

Baca juga: Biaya Perpanjangan SIM A dan SIM C per Februari 2022

Mesin eSP+ pada Honda PCX 160Dok. AP Honda Mesin eSP+ pada Honda PCX 160

Untuk mengurangi hambatan geser dan meningkatkan rasio kompresi, di dalam mesinnya juga sudah terdapat Piston Oil Jet.

Piston tersebut akan menyemprotkan oli mesin ke bagian belakang piston yang dapat membuat pendinginan lebih efisien dan meningkatkan waktu pembakaran.

Mesin eSP+ juga dibekali dengan hydraulic cam chain tensioner lifter. Dengan komponen tersebut, mampu mengurangi gesekan dan suara, serta getaran mesin pada saat yang bersamaan.

Baca juga: Cara Mudah Hilangkan Baret pada Bodi Mobil

Mesin eSP+ pada Honda PCX 160Dok. AP Honda Mesin eSP+ pada Honda PCX 160

Sehingga, kinerja mesin menjadi lebih stabil. Lalu, jalur intake dari saringan udara ke pipa inlet sudah diperluas. Diameter throttle body juga diperbesar untuk meningkatkan efisiensi intake.

Sebagai tambahan, di bagian knalpot juga mengalami ubahan pada struktur di bagian dalamnya. Sehingga, tidak hanya performa meningkat, tapi juga lebih ramah lingkungan.

Presiden Direktur Astra Honda Motor (AHM) Keiichi Yasuda mengatakan, peluncuran model baru ini merupakan komitmen Honda memuaskan konsumen Indonesia.

"Kami selalu memberikan atensi tinggi terhadap gaya hidup konsumen. Kami menyakini perlu menghadirkan produk baru. Itu sebabnya kami mendesain ulang produk ini," katanya di Cikarang, Jawa Barat, Rabu (2/2/2022).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com