Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Aki Mobil Mesin Diesel dengan Bensin Berbeda?

Kompas.com - 01/02/2022, 13:21 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Aki merupakan komponen vital pada kendaraan, sebab memiliki fungsi yang krusial yaitu sebagai penyuplai listrik.

Untuk itu, saat pemilik kendaraan ingin melakukan penggantian aki pada mobil sebaiknya tidak dilakukan secara sembarangan. Melainkan harus sesuai dengan spesifikasi mobil.

Pasalnya, jika salah dalam memilih tipe aki bukan tidak mungkin komponen penyimpanan energi listrik tersebut justru tidak bisa berfungsi secara optimal. Bahkan kemungkinan terparahnya adalah, akumulator cepat tekor dan bisa rusak karena penggunaan yang tidak semestinya.

Baca juga: Langkah Aman Lakukan Jumper Aki Mobil yang Soak

Seperti halnya penggunan aki pada mobil diesel yang harus menggunakan spesifikasi berbeda dengan mobil mesin bensin.

Biasanya, aki untuk mobil berbahan bakar solar ini memiliki arus listrik atau ampere yang lebih besar dibandingkan dengan mobil bensin.

Beberapa jenis aki mobil.Kompas.com/Alsadad Rudi Beberapa jenis aki mobil.

Seperti yang diungkapkan oleh Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor Didi Ahadi. Menurutnya, perbedaan itu disebabkan karena tenaga yang dibutuhkan saat pertama kali menyalakan mesin berbeda antara mobil bensin dengan mobil diesel.

“Karena cc-nya juga berbeda, maka tenaga yang dibutuhkan untuk memanaskan glow plug pada mesin diesel saat awal starter juga lebih besar,” ucap Didi, kepada Kompas.com belum lama ini.

Didi menambahkan, bahkan pada mesin-mesin diesel lama membutuhkan aki dengan spesifikasi ampere yang cukup besar hingga 100 ampere.

“Kalau untuk mesin lama yang membutuhkan waktu untuk memanaskan glow plug itu sampai 100 ampere. Kalau mesin sekarang relatif lebih kecil 70an ampere,” katanya.

Ilustrasi pemasangan aki mobilKOMPAS.com / Aditya Maulana Ilustrasi pemasangan aki mobil

Hal senada juga diungkapkan oleh Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak Suparna. Menurutnya, perbedaan sistem kerja kedua mesin membuat penggunaan sistem atau spesifikasi aki pun juga berbeda.

“Mesin mobil diesel membutuhkan tenaga lebih besar saat pertama kali menyalakan mesin atau starter, maka aki yang dibutuhkan juga lebih besar,” katanya.

Baca juga: Video Kecelakaan di Media Sosial Bisa Jadi Pembelajaran

Sebagai contoh, untuk mobil Toyota Kijang Innova diesel dengan kapasitas mesin 2.400 cc memerlukan aki dengan 65 ampere.

“Sedangkan untuk Innova bensin membutuhkan aki sekitar 55 ampere saja,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com