Demi Konten, Dua Remaja Ini Nekat Masuk Tol Naik Motor

Kompas.com - 01/02/2022, 07:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Viral di media sosial tayangan yang memperlihatkan dua remaja mengendarai sepeda motor di ruas tol Surabaya arah Gempol, Jawa Timur.

Dalam rekaman yang diunggah oleh akun Instagram bernama @surabayaterkini, terlihat kedua remaja yang tidak memakai helm, membuat konten dengan merekam mengendarai motor dari pintu masuk Tol Perak hingga pintu keluar Jambangan.

Tanpa wajah takut atau khawatir, kedua remaja itu bahkan dengan sadar memakai kartu e-Toll saat masuk di pintu Tol Perak.

Baca juga: Video Kecelakaan di Media Sosial Bisa Jadi Pembelajaran

Kasat PJR Direktorat Lalu Lintas Polda Jatim AKBP Dwi Sumrahadi mengatakan, kedua remaja tersebut mengaku tiba-tiba ingin masuk ke tol saat melewati perlintasan masuk ke arah Tol Perak.

“Keduanya mengaku tiba-tiba ingin masuk tol, kebetulan salah satu dari mereka memiliki e-Toll,” ucap Dwi dikutip dari Kompas.com, Senin (31/1/2022).

Alhasil, kedua remaja tersebut diperiksa dan diberi sanksi tilang sesuai dengan aturan yang berlaku.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by SURABAYA TERKINI (@surabayaterkini)

Perlu diingat, jalan tol didesain untuk kendaraan dengan kecepatan tinggi dan memiliki bobot cukup besar, menyesuaikan mobil maupun bus dan truk. Sehingga momentum yang dihasilkan oleh kendaraan-kendaraan tersebut berisiko menimbulkan kecelakaan bagi sepeda motor yang dimensinya lebih kecil (tidak sesuai).

Pemerhati masalah transportasi Budiyanto mengatakan, kejadian sepeda motor masuk jalan tol sudah beberapa kali terjadi dengan alasan yang bervariasi. Mulai dari mereka yang tidak sengaja atau tidak menyadarinya, bahkan ada pula yang justru sengaja masuk jalan tol.

“Namun dengan alasan apapun, itu merupakan sebuah pelanggaran karena jalan tol hanya diperuntukan untuk kendaraan roda 4 atau lebih,” ucap Budiyanto.

Menurutnya, kejadian ini terus berulang lantaran lemahnya aspek pengawasan dan penegakkan hukum. Pengawasan dapat dilaksanakan dengan cara menggunakan bantuan teknologi, penjagaan, dan patroli oleh petugas Polri dan petugas dari jalan tol atau kolaborasi antara petugas Polri dengan Petugas Tol.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.