PPnBM Berdasarkan Emisi, Sinyal Pemerintah Menuju Era Elektrifikasi

Kompas.com - 31/01/2022, 16:16 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah kini terus menghadirkan kebijakan untuk mendorong industri otomotif nasional agar bergerak maju dan masuk ke rantai pasok global, khususnya pada era elektrifikasi.

Berbagai langkah sudah mulai terasa, salah satunya ialah pemberlakuan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) berdasark emisi gas buang dan efisiensi bahan bakar (Peraturan Pemerintah No.74 Tahun 2021).

Kebijakan yang merupakan hasil ubahan dari Peraturan Pemerintah No. 73 Tahun 2019 tersebut akan resmi berlaku sepenuhnya pada tahun ini, walau ada beberapa model yang masih diberikan insentif.

Baca juga: Tips Hindari Penipuan Berkedok Lelang Mobil Online

Peugeot 2008Peugeot Peugeot 2008

Marketing and Finance Head Astra Peugeot, Fajar Tjendikia menyatakan bila langkah-langkah yang diambil pemerintah RI kini bergerak ke arah positif.

"Ini tanda bahwa Indonesia ingin membawa tren elektrifikasi kepada lebih banyak kalangan masyarakat, serta 'merapihkan' sistem perpajakan mobil di Indonesia agar lebih sesuai dengan zaman sekarang," katanya kepada Kompas.com, Senin (31/1/2022).

Sebab melalui kebijakan terkait, segmen kendaraan low cost green car (LCGC) tidak lagi diberikan keistimewaan pembebasan tarif PPnBM, tapi dikenakan tarif tiga persen.

Pembebasan tarif PPnBM diberikan kepada kendaraan bermotor listrik murni (battery electric vehicle) dan hidrogen karena tak memproduksi emisi CO2 saat beroperasi di jalan.

"Harmonisasi PPnBM berdampak harga mobil LCGC dan berkepasitas 1.500 ke bawah semakin kompetitif. Selain itu, membuat kendaraan sedan dan berpenggerak empat roda (4x4) semakin terjangkau," kata dia.

Baca juga: Cerita Bos Jeep Indonesia, Pernah Diusir Gara-gara Terkesima dengan Jeep Orang

"Tentu saja mobil listrik dan hidrogen yang mendapat benefit terbesar karena pengenaan tarif PPnBM-nya nol persen sejalan dengan adanya pembebasan DPP," lanjut Fajar.

Dari sisi Peugeot sendiri, ia yakin bahwa penerapan harmonisasi PPnBM akan membawa arus positif sehingga mampu memperbesar pasar di segmen kendaraan mewah entry level.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.