Kompas.com - 28/01/2022, 18:12 WIB

SOLO, KOMPAS.com - Pada tahun lalu, wacana pembangunan terminal mini untuk bus antar kota antar provinsi (AKAP) di rest area jalan tol terkuak, usai terbitnya Peraturan Menteri (Permen) PUPR Nomor 28 Tahun 2021.

Dengan kata lain, bus AKAP yang melaju di jalan tol bisa menaikkan dan menurunkan penumpang tanpa perlu lagi keluar masuk jalan bebas hambatan tersebut.

Dalam keterangannya beberapa waktu lalu, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit menjelaskan bahwa aturan tersebut baru sebatas dasar hukum untuk mengakomodasi pembangunan transit hub di rest area jalan tol.

Baca juga: Telat Bayar Pajak Kendaraan Apakah Bisa Kena Tilang?

Suasana di Resta Pendopo yang berada di Tol Semarang-Solo KM456KOMPAS.com/Dian Ade Permana Suasana di Resta Pendopo yang berada di Tol Semarang-Solo KM456

Kepada Kompas.com, Kamis (27/1/2022), Pitra Setiawan, Kasubbag Humas Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub menjelaskan bahwa wacana terminal mini di rest area butuh banyak persiapan.

Terlebih ada berbagai pertimbangan yang harus dipikirkan karena wacana ini melibatkan banyak stakeholder dari berbagai bidang.

Pitra juga menyebutkan, program terminal mini ini juga akan bersinggungan langsung dengan pengelola jalan tol terkait.

"Tentu kita butuh transportasi feeder bagi masyarakat yang akan naik turun bus AKAP di terminal mini ini. Ini juga banyak pertimbangannya," ucap Pitra.

Baca juga: Segera Rampung, Tol Serpong - Cinere Uji Laik Fungsi Kuartal I 2022

Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) tau rest area RESTA PENDOPO 456 soap diresmikan tahun 2020.Jevon Wicaksono Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) tau rest area RESTA PENDOPO 456 soap diresmikan tahun 2020.

"Apakah nanti kendaraan feeder ini ikut melintas di jalan tol? Lalu biaya keluar masuk gerbang tol akan dibebankan ke siapa? Dan kita berbicara tentang jalan dengan batas kecepatan minimal. Apakah nanti kendaraan ini bisa menyesuaikan batas kecepatan tersebut? Banyak yang masih harus kita rumuskan," kata dia menambahkan.

Dalam kesempatan yang sama, Djoko Setijowarno, pengamat transportasi, turut menjelaskan pentingnya kesiapan akses yang jelas bagi masyarakat yang akan menggunakan terminal mini dalam rest area tersebut.

Tanpa mempersiapkan sarana seperti feeder tersebut, pengguna bus AKAP tentu akan kesulitan memanfaatkan terminal dalam rest area ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.