Terbentur Standar Emisi, VW Kesulitan Bawa Produk Baru ke Indonesia

Kompas.com - 27/01/2022, 08:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kesenjangan standar emisi bahan bakar kendaraan bermotor di Indonesia membuat PT Garuda Mataram Motor (GMM) kesulitan membawa produk baru Volkswagen (VW) ke pasar domestik.

Sebab pada dasarnya, jajaran mobil asal Jerman tersebut sudah masuk ke Euro 6. Sementara Indonesia, kini masih menggunakan standar Euro 4 sehingga terdapat perbedaan kebutuhan spesifikasi bahan bakar minyak (BBM).

Meski demikian, pihak agen tunggal pemegang merek VW di Indonesia ini mengaku tidak akan menyerah untuk menghadirkan produk baru agar memuaskan masyarakat secara luas seraya meningkatkan penetrasi pasar.

Baca juga: VW Janji Bakal Agresif Tahun Ini di Indonesia, Bawa Produk Baru

Ratusan ribu unit mobil diesel Volkswagen dan Audi diparkir di ruang penyimpanan di dekat Victorville, California, Amerika Serikat, Rabu (28/3/2018). 
Lucy Nicholson/Reuters Ratusan ribu unit mobil diesel Volkswagen dan Audi diparkir di ruang penyimpanan di dekat Victorville, California, Amerika Serikat, Rabu (28/3/2018).

"Emisi bahan bakar menjadi faktor utama alasan beberapa varian mobil VW tidak bisa masuk ke Indonesia. Basically, VW itu sudah Euro 6 sementara kita masih Euro 4," kata National Sales Manager PT GMM Ahmad Badawi di Jakarta, Rabu (26/1/2022).

"Itu karena di sana, sudah concern sekali dengan emisi. Kita akan fokus untuk mencari varian atau model kendaraan lain agar bisa masuk ke sini," ucap dia, melanjutkan.

Memang, kata Badawi lagi, pencaharian terkait tidaklah mudah. Tapi saat ini sudah sedikitnya sudah ada satu model kendaraan yang bisa datang menyapa pecinta VW di Indonesia.

Hanya saja, rinciannya belum bisa diungkapkan termasuk model ataupun kisaran harganya.

"Insya Allah kita akan hadirkan adik dari VW Tiguan tahun ini. Sebab di Indonesia belum ada SUV kecil premium keluaran Eropa," kata dia.

Baca juga: VW Optimis Penjualan Tahun Ini Naik 52 Persen

Volkswagen Tiguan jadi salah satu model yang sudah mengusung safety bolt.Kompas.com/Dio Volkswagen Tiguan jadi salah satu model yang sudah mengusung safety bolt.

Untuk diketahui, emisi Euro sendiri ialah standar yang digunakan negara Eropa untuk memperbaiki kualitas udara.

Semakin tinggi standar Euro, semakin kecil batas kandungan gas karbon dioksida, nitrogen oksida, karbon monoksida, dan partikel lain yang berdampak negatif pada manusia serta lingkungan.

"Yah, mudah-mudahan kita bisa cepat naik standarisasi-nya karena secara global juga tengah ditingkatkan. Saat ini, produk kita ada VW Polo dan VW Tiguan Allspace," ujar Badawi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.