Penjualan Hatchback pada 2021, Siapa yang Paling Laris?

Kompas.com - 21/01/2022, 12:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Melihat performa wholesales mobil di kelas hatchback alias sedan tanpa ekor di sepanjang 2021, bisa dibilang persaingan yang timbul tidak seramai segmen lainnya.

Meski ada sejumlah nama besar yang bermain, tidak ada satu pun model mobil di kelas ini yang berhasil menembus angka penjualan 10.000 unit dalam jangka waktu satu tahun.

Berdasarkan data wholesales mobil pada 2021 yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), tercatat hatchback terlaris hanya berhasil terjual sebanyak 9.642 unit, yakni Honda City Hatchback.

Baca juga: Cara Bayar Pajak Kendaraan Bermotor Online, Tanpa Harus ke Samsat

Toyota Yaris Gazoo Racing (GR) Sport.DOK. Toyota Astra Motor (TAM) Toyota Yaris Gazoo Racing (GR) Sport.

Disusul pada peringkat kedua adalah Toyota Yaris dengan catatan penjualan 6.819 unit. Kedua mobil ini berhasil menguasai pasar hatchback domestik berkat adanya relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) yang disuntikkan pemerintah sejak Maret 2021.

Di nomor ketiga, ada Suzuki Baleno yang diimpor langsung dari India secara utuh alias completely build up (CBU) dengan wholesales 2.724 unit saja. Sepanjang tahun lalu, catatan penjualan mobil ini pun terbilang fluktuatif karena kerap naik turun.

Selanjutnya, peringkat keempat ada mobil yang sudah disuntik mati pada awal tahun lalu, yakni Honda Jazz. Sebelum kehadiran City Hatchback, Honda Jazz masih bisa membukukan penjualan sebanyak 897 unit pada dua bulan pertama 2021.

Baca juga: Komparasi Hyundai Creta Vs Honda HR-V, Mana yang Lebih Bertenaga?

Suzuki Baleno Hatchback FaceliftKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Suzuki Baleno Hatchback Facelift

Di peringkat bawah, Mazda2 dan VW Polo hanya bisa terjual sebanyak 390 unit dan 69 unit masing-masing.

Berikut catatan wholesales mobil di kelas hatchback sepanjang 2021.

  1. Honda City Hatchback: 9.642 unit
  2. Toyota Yaris: 6.819 unit
  3. Suzuki Baleno: 2.724 unit
  4. Honda Jazz: 897 unit
  5. Mazda2: 390 unit
  6. VW Polo: 69 unit
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.