Alasan Saat Melewati Terowongan Siang Hari, Lampu Mobil Harus Menyala

Kompas.com - 21/01/2022, 11:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.comMengemudi di jalan raya, terutama di kota besar seperti Jakarta mungkin sering ditemui terowongan. Ketika mau memasuki terowongan, kerap dipasang rambu yang bertuliskan perintah untuk menyalakan lampu utama.

Menyalakan lampu utama ketika melewati terowongan juga tetap berlaku walaupun kondisinya masih siang hari. Lalu apa alasan dari menyalakan lampu ketika masuk ke terowongan?

Training Director The Real Driving Centre Marcell Kurniawan mengatakan, menyalakan lampu utama mobil di dalam terowongan berfungsi sebagai penerangan dan alat komunikasi.

Baca juga: Polisi Imbau Masyarakat Tidak Pasang Lampu Rotator di Mobil dan Motor

Marka jalan terowonganDictio Community Marka jalan terowongan

“Di bawah terowongan, cahaya cukup redup sehingga diperlukan lampu untuk dapat terlihat oleh kendaraan lain,” kata Marcell kepada Kompas.com, Kamis (20/1/2022).

Sayangnya ada juga salah kaprah dengan menyalakan lampu hazard saat memasuki terowongan. Menurut Marcell, menyalakan lampu utama sudah cukup, jadi jangan memakai lampu hazard.

Founder & Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting Jusri Pulubuhu mengatakan, nyala lampu kendaraan saat diterowongan berguna agar pengendara lain tahu di mana posisi mobil kita.

Baca juga: Komparasi Hyundai Creta Vs Honda HR-V, Mana yang Lebih Bertenaga?

Lampu digunakan sebagai alat komunikasi dengan pengguna jalan lain. Menyalakan lampu dapat membantu pengguna jalan lain melihat kendaraan kita melalui spionnya,” kata Jusri.

Menyalakan lampu di terowongan membuat pengguna jalan lain sadar akan keberadaan kita. Jika tidak dinyalakan, khawatir ketika pengemudi pindah lajur, tidak terlihat melalui spionnya.

“Lampu merupakan alat komunikasi yang paling efektif karena kecepatannya. Kecepatan cahaya lebih cepat dibanding suara. Jadi dari jarak yang jauh, terlihat lampu yang menyala berarti ada kendaraan pada posisi tersebut,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.