Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belum Banyak yang Paham Fungsi Simbol pada Tuas Wiper

Kompas.com - 20/01/2022, 18:31 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Wiper menjadi salah satu fitur penting ketika pengemudi mobil berkendara dalam kondisi hujan.

Untuk mengaktifkan wiper, pengemudi cukup memutar atau menggeser tuas yang berada di balik setir. Di mobil Jepang, umumnya tuas tersebut berada di sebelah kiri, sementara di mobil Eropa tuas wiper berada di sebelah kanan.

Tuas wiper memiliki sejumlah simbol yang mengartikan fungsi dan cara kerjanya. Namun, tidak sedikit pengemudi yang belum mengetahui fungsi dari simbol-simbol tersebut.

Baca juga: Akhir Pekan, Waktunya Rawat Wiper Mobil

Agar mendapat sapuan wiper yang sesuai dengan kebutuhan ada baiknya pengemudi mengetahui masing-masing arti dari simbol yang ada pada tuas wiper.

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, pertama adalah mode Rear.

Mode ini disematkan pada mobil yang dibekali wiper di kaca belakang. Biasanya simbol rear berada di ujung tuas wiper.

Salah satu mobil yang sudah dilengkapi defogger namun masih memiliki wiper di kaca belakang.Kompas.com/Alsadad Rudi Salah satu mobil yang sudah dilengkapi defogger namun masih memiliki wiper di kaca belakang.

“Fungsinya (rear) untuk mengaktifkan wiper atau menyemprotkan air wiper atau washer di kaca belakang,” Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi, saat dihubungi Kompas.com, Kamis (20/1/2022).

Selanjutnya yaitu Mist, biasanya diletakkan di paling atas tuas wiper. Untuk mengaktifkannya, pengemudi tinggal menggeser tuas wiper ke atas satu kali. Hampir semua mobil biasanya memiliki mode ini.

Mist, pada wiper hanya bekerja apabila tuas ini ditekan, jadi tidak menyala terus-menerus,” kata Didi.

Kemudian Intermittent, yang biasa ditulis dengan simbol INT. Mode ini memungkinkan pengemudi untuk menentukan sendisi interval sapuan wiper pada kaca depan.

“Pada mode Intermittent, wiper bekerja secara berselang (menyapu kaca depan dalam interval tertentu),” ucap Didi.

Ilustrasi Tuas WiperGridOto.com Ilustrasi Tuas Wiper

Mode Intermittent ini tak dibekali pada semua mobil, ciri pengaturannya adalah adanya tanda segitiga yang dibagi dalam beberapa kotak. Semakin besar kotak, maka semakin lama pula interval bekerja.

Cara mengaturnya biasanya dengan memutar switch di ujung tuas pengoperasian wiper.

Selain ketiga mode tersebut, Training Director The Real Driving Center (RDC) Marcell Kurniawan menambahkan, ada pula fitur LO dan HI, yang memungkinkan wiper bekerja terus menerus tanpa jeda. Pembeda keduanya ada pada kecepatan saat wiper menyapu kaca.

“Saat di posisi HI, usapan wiper lebih cepat ketimbang di posisi LO. Posisi LO biasanya dipakai saat hujan mulai turun. Kalau HI digunakan saat hujan sudah sangat deras dan visibilitas makin berkurang,” ucapnya.

Baca juga: Yamaha Fazzio Langsung Laku 1.000 Unit dalam 5 Jam

Di pasaran juga terdapat mobil yang memiliki wiper dengan fitur Auto. Dalam mode ini sapuan cepat atau lambat wiper akan bekerja secara otomatis tergantung hujan yang turun.

“Biasanya mobil-mobil mewah atau sudah dibekali dengan teknologi sensor hujan. Teknologi ini memungkinkan wiper bekerja sesuai dengan banyaknya air hujan yang mengenai mobil,” kata Marcell.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com