Akhir Pekan, Waktunya Rawat Wiper Mobil

Kompas.com - 21/08/2021, 15:22 WIB
Deretan mobil baru yang diparkir di area terbuka dengan kondisi wiper diangkat. Kompas.com/Alsadad RudiDeretan mobil baru yang diparkir di area terbuka dengan kondisi wiper diangkat.

JAKARTA, KOMPAS.com - Masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 di Jakarta masih berlaku hingga 23 Agustus 2021.

Kondisi ini bisa dimanfaatkan dengan melakukan perawatan sederhana pada kendaraan kesayangan.

Pasalnya, beberapa fungsi komponen pada mobil bisa menyusut seiring lamanya kendaraan tidak digunakan, seperti karet wiper. Apalagi jika kendaraan parkir di tempat terbuka.

Keberadaan wiper ini memang sangat penting terutama ketika mobil digunakan dalam kondisi hujan dan jalan yang cukup gelap.

Jika kondisi wiper terabaikan, bisa membuat karet menjadi keras dan tidak bisa bekerja secara maksimal untuk menghapus air pada kaca. Alhasil visibilitas pengemudi akan berkurang.

Baca juga: Ada Pebalap Baru MotoGP yang Bela Yamaha di SIlverstone

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, sebenarnya tidak ada perawatan khusus untuk karet wiper. Hanya saja, saat mencuci mobil jangan lupa karet juga ikut dibersihkan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Wiper mobil disaat hujanwww.backfromthebrink.org Wiper mobil disaat hujan

“Kalau pas mencuci mobil bersihkan juga karet wipernya untuk menghilangkan kotoran. Dengan begitu, kotoran atau kerikil yang mungkin masih menempel pada karet masih bisa dihilangkan,” ucap Didi saat dihubungi Kompas.com belum lama ini.

Selain itu, Didi menambahkan, pemilik juga bisa sesekali mengelap menggunakan lap yang sudah dibasahi dengan air.

Baca juga: Organda Protes Adanya Stiker Bebas Ganjil Genap untuk Taksi Online

“Perawatan ringan ini dilakukan untuk menjaga komponen tersebut bisa tetap terjaga dan tidak menyebabkan kerusakan pada komponen lain. Sebab, karet wiper yang rusak membuat blade-nya mengenai kaca sehingga menyebabkan baret pada kaca,” kata dia.

Jika hal tersebut terus diabaikan, visibilitas pengemudi bisa terganggu dan membahayakan saat berkendara.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.