Kompas.com - 19/01/2022, 19:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Maps atau peta digital adaalah satu aplikasi yang membantu menavigasikan penggunanya saat berkendara ke sebuah tempat.

Peta digital ini bisa diakses melalui telepon genggam, sehingga sangat mudah digunakan. Selain menampilkan rute perjalanan, peta digital juga dapat menampilkan kondisi lalu lintas secara real time.

Tidak jarang pengemudi mengemudi sambil melihat aplikasi ini. Walaupun terkesan biasa, hal ini dapat mencelakai pengemudi atau pengguna jalan yang lain.

Baca juga: Mobil Ini Tersesat dan Terguling karena Ikuti Google Maps

Founder Jakarta Defensive Driving Consulting, Jusri Pulubuhu menjelaskan bahwa membaca peta digital sembari mengemudikan mobil dapat membuat konsentrasi pengemudi terpecah.

"Kalau dia perhatiin, dia bisa ke-distract. Nggak aman," kata Jusri pada Kompas.com, Rabu (19/1/2022).

Padahal, ada opsi audio yang bisa digunakan saat pengemudi sedang fokus menyetir. Opsi audio ini menjelaskan rute perjalanan secara singkat dan jelas.

Jusri menyarankan, pengemudi sebaiknya memanfaatkan fitur audio daripada membaca peta digital sambil menyetir.

Sistem hiburan dengan basis sistem Google Android akan digunakan di produk Renault-Nissan-Mitsubishi di masa depanAutonews.com Sistem hiburan dengan basis sistem Google Android akan digunakan di produk Renault-Nissan-Mitsubishi di masa depan

Baca juga: Yamaha XMAX Meluncur dengan Warna Baru, Dijual Rp 62 Juta

"Maps dihidupkan, audionya dihidupkan. Didengerin aja. Kalau ingin sekedar lihat karena ragu, ya berhenti," jelas dia.

Hal serupa juga diungkapkan oleh Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia, Sony Susmana mengatakan bahwa pengemudi sebaiknya memanfaatkan fitur audio yang disediakan oleh aplikasi tersebut.

"Gunakan mode suara, sehingga perjalanan dapat dipandu secara audio," ucap Sony.

Sama dengan Jusri, Sony menyarankan pengemudi untuk berhenti sejenak jika tidak yakin dengan rute yang diarahkan dari peta digital.

"Apabila tidak yakin, berhentikan kendaraan di tempat yang aman untuk melihat peta," ujar Sony.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.