Mobil Murah Tahun Ini Sisa 5 Model, Minus Karimun Wagon R

Kompas.com - 17/01/2022, 09:12 WIB
|

 M

JAKARTA, KOMPAS.com – Program Kendaraan Bermotor Roda Empat yang Hemat Energi dan Harga Terjangkau (KBH2) alias Low Cost Green Car (LCGC) masih eksis pada tahun 2022. Meski begitu, ada sejumlah dinamika yang terjadi sejak program ini bergulir pada 2013.

Kabar terbaru adalah soal jumlah mobil LCGC yang tersedia di pasaran saat ini telah berkurang menjadi lima model saja. Mulai dari Toyota Agya dan Calya, Daihatsu Ayla dan Sigra, serta Honda Brio.

Sementara Datsun Go telah absen sejak 2020, setelah Nissan mengumumkan berhentinya produksi Datsun.

Baca juga: Tanpa Insentif PPnBM, Daya Beli Otomotif Akan Stagnan di IIMS 2022

Suzuki Karimun Wagon RKOMPAS.com/Ruly Suzuki Karimun Wagon R

Kemudian yang terbaru adalah berhenti diproduksinya Suzuki Karimun Wagon R. Hal ini telah dikonfirmasi PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) pada November 2021.

Shodiq Wicaksono, Managing Director Suzuki Indonesia mengatakan, pihaknya tengah fokus pada mobil elektrifikasi yang memiliki harga terjangkau bagi konsumen di Indonesia.

"Dengan berat hati kami harus menghentikan produksi Karimun Wagon R untuk pasar dalam negeri,” ujar Shodiq, dalam keterangan resmi (24/11/2021).

Baca juga: Daripada Dijual, Banyak Pemilik Kijang Innova Lawas yang Upgrade Bodi

Produsen mobil LCGC tawarkan diskon menarik selama Telkomsel IIMS 2019.Kompas.com/Donny Produsen mobil LCGC tawarkan diskon menarik selama Telkomsel IIMS 2019.

“Namun, kami akan menghadirkan kendaraan elektrifikasi untuk konsumen setia Suzuki dalam waktu yang tidak lama lagi," kata dia.

Sebagai informasi, mobil LCGC awalnya disebut mobil murah karena punya keistimewaan insentif bebas Pajak Penambahan Nilai atas Barang Mewah (PPnBM) sejak 2013.

Namun seiring diterbitkannya aturan Kendaraan Bermotor Roda Empat Emisi Karbon Rendah atau Low Carbon Emission Vehicle (LCEV) yang termaktub di Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 36 Tahun 2021, yang diundangkan pada 31 Desember 2021.

Baca juga: Bengkel Repair Mulai Bikin Bus Single Glass, Ini Tanggapan Adiputro

Honda Brio Satya di booth Honda pada ajang GIIAS 2021.KOMPAS.com/GILANG SATRIA Honda Brio Satya di booth Honda pada ajang GIIAS 2021.

Disebutkan bahwa KBH2 merupakan salah satu kategori kendaraan yang tergabung dalam aturan tersebut, selain mobil hibrida, Plug-In Hybrid Electric Vehicle (PHEV), Battery Electric Vehicle (BEV), FCEV, dan Flexy Engine.

Lebih jauh, dalam aturan tersebut kelompok kendaraan di KBH2 tak lagi bebas dari instrumen PPnBM (Permenperin 33/2013), tapi terkena tarif PPnBM sebesar 3 persen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.