Razia Knalpot Brong, Pelajar Nekat Tabrak Polisi hingga Terpental

Kompas.com - 18/01/2022, 07:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Seorang pelajar nekat menabrak anggota Polres Wonogiri, Briptu Rio Pramudinto Utoyo dengan sepeda motornya saat menghindari razia kendaraan knalpot brong di ruas jalan Wonogiri Pracimantoro.

Kasat Lantas Polres Wonogiri AKP Marwanto mengatakan, kecelakaan bermula saat beberapa anggotanya menggelar operasi kasat mata, Selasa (11/1/2022).

Anggota melihat sepeda motor yang dikemudikan pelajar berinisial F (16) asal Kabupaten Sukoharjo. F sedang membonceng saudaranya berinisial W (23) untuk berjalan-jalan menuju Pracimantoro.

Baca juga: 556.745 Kendaraan Sudah Uji Emisi di DKI Jakarta

“Tahu ada sepeda motor berknalpot brong, tiga anggota kami berusaha menghentikannya. Namun, pengemudi sepeda motor itu terus nekat melaju hingga akhirnya menabrak anggota kamu bernama Briptu Rio hingga anggota kami terlempar beberapa meter ke samping,” ucap Marwanto dikutip dari Kompas.com, Senin (17/1/2022).

Akibatnya, Briptu Rio mengalami luka parah hingga dirawat di RSU Indriyati Solobaru, Sukoharjo.

Terkait hal ini, pemerhati masalah transportasi Budiyanto, yang juga mantan Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya mengatakan, petugas kepolisian berwenang untuk menghentikan kendaraan, meminta keterangan kepada pengemudi.

“Apabila tidak mau berhenti, ketentuan sanksinya diatur pasal 282, dengan pidana kurungan paling lama 1 bulan atau denda paling banyak Rp 250.000,” ujar Budiyanto.

Razia knalpot bisingFoto: Twitter TMC Polda Metro Jaya Razia knalpot bising

Menurut Budiyanto, sikap tidak mematuhi perintah petugas termasuk dalam pelanggaran lalu lintas.

“Kalau ada unsur kesengajaan bisa nanti diarahkan ke tindak pidana hukum, seperti penganiayaan atau percobaan pembunuhan, tergantung hasil pemeriksaan,” katanya.

Sementara itu, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, pengemudi yang tertangkap razia tidak boleh kabur atau menghindar.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.