Jokowi Setuju Kapasitas Penonton MotoGP Mandalika 100.000 Orang

Kompas.com - 17/01/2022, 09:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tahun ini, Indonesia akan menjadi tuan rumah dari MotoGP di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok. Untuk memeriahkannya, pemerintah akhirnya menaikkan kapasitas penontonnya.

Kabar baik tersebut diungkapkan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam keterangan pers yang disampaikan secara daring, Minggu (16/1/2022).

Baca juga: Jelang Tes Pra Musim MotoGP, Kapasitas Penonton Sirkuit Mandalika Ditambah

Untuk gelaran seri kedua MotoGP 2022 yang akan diadakan pada tanggal 18-20 Maret 2022 di Sirkuit Mandalika, Presiden Joko Widodo sudah menyetujui untuk dilakukan penambahan jumlah penontonnya menjadi sebanyak 100.000 penonton.

Jelang MotoGP 2022, ITDC Perbaiki Saluran Drainase Sirkuit Mandalika DOK. ITDC Jelang MotoGP 2022, ITDC Perbaiki Saluran Drainase Sirkuit Mandalika

"Bapak Presiden sudah memberikan persetujuan, tinggal pelaksanannya di Mandalika," ujar Airlangga.

Jumlah tersebut merupakan 50 persen dari kapasitas penonton secara keseluruhan. Sebelumnya, MotoGP Mandalika dibatasi hanya 63.534 penonton.

Baca juga: MotoGP Mandalika 2022 Makin Dekat, Jokowi Ingatkan Drainase Sirkuit

Airlangga menambahkan, penambahan kapasitas penonton MotoGP Mandalika juga didukung oleh perkembangan vaksinasi di Pulau Lombok, di mana untuk semua kabupaten atau kota di Lombok sudah mencapai di atas 70 persen untuk vaksinasi dosis-1.

Foto udara dari Pertamina Mandalika International Street Circuit alias Sirkuit Mandalika. Gambar diambil pada 17 November 2021. Tampak dalam gambar, areal permukiman yang masih ada di tengah sirkuit. AFP/BAY ISMOYO Foto udara dari Pertamina Mandalika International Street Circuit alias Sirkuit Mandalika. Gambar diambil pada 17 November 2021. Tampak dalam gambar, areal permukiman yang masih ada di tengah sirkuit.

"Kota Mataram capaian dosis pertamanya sudah lebih dari 100 persen, karena masyarakat di luar Mataram juga vaksin di sana," kata Airlangga.

Persentase vaksinasi dosis-1 di Kota Mataram sudah mencapai 109,26 persen dan dosis-2 sebanyak 78,30 persen. Sementara untuk total sasaran booster pada Januari-Maret 2022, mencapai 158.301 orang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.