Jelang Tes Pra Musim MotoGP, Kapasitas Penonton Sirkuit Mandalika Ditambah

Kompas.com - 14/01/2022, 17:21 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.comSirkuit Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat siap menggelar event internasional MotoGP 2022 pada Maret mendatang. Bahkan sebelumnya sejak Februari, sirkuit ini sudah harus melaksanakan tes pra musim yang dilakukan para pebalap MotoGP.

Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Abdulbar M Mansoer, mengatakan, pihaknya telah siap melaksanakan tes pra musim MotoGP dan event MotoGP 2022.

Menurutnya, saat ini fokus ITDC adalah membenahi Pertamina Mandalika International Street Circuit, yang menjadi syarat dan prasyarat homologasi menjelang MotoGP 2022.

Baca juga: Mulai Rp 36 Jutaan, Yamaha Segarkan Motor Sport Retro XSR 155

Sirkuit Mandalika siap menghelat MotoGP Mandalika 2022.DOK KEMENTERIAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF Sirkuit Mandalika siap menghelat MotoGP Mandalika 2022.

"Beberapa pekerjaan proyek yang saat ini tengah disiapkan ITDC, antara lain menambah kapasitas penonton sejumlah lebih dari 50 ribu kursi yang ditargetkan selesai pada Maret 2022 sebelum perhelatan MotoGP berlangsung," ujar Abdulbar, Jumat (14/1/2022).

Abdulbar juga mengatakan, kapasitas penonton ini lebih banyak dibandingkan WSBK 2021, guna mengantisipasi animo penonton yang tinggi terhadap event balap dunia ini.

Selain mengerjakan sejumlah pekerjaan proyek, Abdulbar juga mengatakan, pihaknya tengah menyiapkan sejumlah kebutuhan utilitas pendukung penyelenggaraan MotoGP.

Baca juga: Awal 2022, Kawasaki Rilis Versys-X 250 dengan Warna Baru

Pemandangan jalannya balapan World Superbike (WSBK) dari tribune utama Sirkuit Mandalika, Lombok.Kompas.com/Alsadad Rudi Pemandangan jalannya balapan World Superbike (WSBK) dari tribune utama Sirkuit Mandalika, Lombok.

Seperti penyediaan air bersih dengan volume 4.800 m3, suplai tenaga listrik untuk sirkuit sebesar 5,19 KVa, penguatan kapasitas ICT mencapai 1.000 Mbps pada hari balap.

Ia menambahkan, kunjungan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di KEK Mandalika mendorong perusahaan mempersiapkan segala sesuatu dengan sebaik-baiknya.

Selain itu, kunjungan tersebut juga menunjukkan besarnya dukungan kementerian dan lembaga dalam mempersiapkan event, baik dari sisi fasilitas fisik maupun organisasi.

"Hal ini sesuai arahan dari Bapak Presiden agar persiapan dapat dilakukan dengan baik sehingga event MotoGP dapat berjalan dengan sukses," kata Abdulbar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.