Street Race di Ancol Digelar Hari Ini, Polisi Rekayasa Lalu Lintas Secara Situasional

Kompas.com - 16/01/2022, 07:27 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Kasatlantas Polres Metro Jakarta Utara Kompol I Gusti Sunawa menyatakan akan melakukan rekayasa lalu lintas di sekitar lokasi street race yang bertempat di Ancol, Jakarta Utara.

Bersifat situasional, langkah terkait diambil dalam upaya menekan potensi kepadatan kendaraan bermotor yang pada akhirnya mengganggu aktivitas masyarakat di sekitar.

"Bersifat situasional saja. Kalau memang ada kepadatan, tentunya kami akan melakukan upaya-upaya pengaturan dan rekayasa lalu lintas," ujar Gusti, Sabtu (15/1/2022).

Baca juga: AISI Prediksi Ekspor Motor Tahun 2022 Tembus 970.000 Unit

Speed trap di Jalan I Gusti Ngurah Rai yang dipasang Dishub Bekasi Kota untuk cegah aksi balap liar.Warta Kota - Joko Supriyanto Speed trap di Jalan I Gusti Ngurah Rai yang dipasang Dishub Bekasi Kota untuk cegah aksi balap liar.

"Sehingga masyarakat yang punya aktivitas di sepanjang jalur tersebut tak terganggu," lanjut dia.

Adapun persiapan lomba balap liar legal yang difasilitasi Polda Metro Jaya atau street race tersebut sudah mencapai 90 persen dengan panjang jalur 600-700 meter.

Gusti mengatakan, pihaknya masih terus melakukan berbagai persiapan terutama terkait dengan keselamatan.

"Persiapan sudah 90 persen dan concern dari kami adalah bagaimana faktor safety (keamanan) menjadi prioritas, baik pebalap itu sendiri maupun masyarakat (penonton)," kata Gusti.

Baca juga: Begini Cara Pilih Jaket yang Aman dan Nyaman untuk Berkendara

Bahkan, kata dia, sudah dilakukan beberapa kali uji coba di sepanjang lintasan untuk memastikan keamanannya.

Rencananya, gelaran ajang adu balap liar yang difasilitasi Polda Metro Jaya itu akan digelar pada Minggu (16/1/2022) mulai pukul 07.00 hingga 15.00 WIB.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.