Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Pilih Jaket yang Aman dan Nyaman untuk Berkendara

Kompas.com - 15/01/2022, 18:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jaket bisa dibilang sebagai salah satu perlengkapan berkendara sepeda motor. Sebab, dengan menggunakan jaket, bisa meningkatkan keamanan dan kenyamanan di perjalanan.

Promotion Department Head PT Daya Adicipta Motora (DAM) Demmy Firmansyah, mengatakan, jaket adalah riding gear yang penting untuk selalu digunakan.

"Karena berfungsi melindungi tubuh kita dari terpaan angin saat berkendara dan berperan untuk melindungi tubuh saat terjadi kontak langsung dengan aspal ketika terjatuh atau mengalami kecelakaan," ujar Demmy, dalam keterangan resminya.

Baca juga: Merawat Jaket Kulit buat Bikers, Jangan Pakai Sabun

Demmy menambahkan, ketika berkendara, pengendara harus memilih jaket yang sesuai dengan ukuran badan. Cara memilih jaket motor disarankan tidak terlalu kecil dan juga tidak terlalu besar. Sebaiknya menggunakan jaket yang berukuran pas untuk memberikan kenyamanan ketika mengendarai sepeda motor.

Ilustrasi riding gear (jaket motor)Dok. DAM Ilustrasi riding gear (jaket motor)

"Selain itu, pilih jaket yang terdapat velcro atau karet di bagian pergelangan tangan, ini dapat meminimalisasi apabila pengendara terjatuh. Sehingga posisi bagian lengan pada jaket tidak akan tertarik ke atas dan akan tetap melindungi bagian lengan. Begitu juga bagian pinggang bawah jaket, lebih baik apabila terdapat velcro atau karet di bawahnya," kata Demmy.

Pastikan jaket yang digunakan juga berbahan cukup tebal. Tidak disarankan menggunakan jaket berbahan kain yang tipis, karena tidak akan melindungi dengan baik apabila mengalami insiden di jalan raya.

“Walaupun tidak akan 100 persen melindungi pengendara, tapi setidaknya menggunakan jaket akan mengurangi dampak buruk yang ditimbulkan kepada pengendara jika terjadi kecelakaan,” ujar Demmy.

Baca juga: Pilih Jaket Berpelindung Saat Naik Motor

Demmy menambahkan, jaket yang sudah tersedia pelindung bagian sikut, dada, dan punggung juga jauh lebih baik dalam melindungi tubuh pengendara dan akan meminimalisasi apabila terjadi kecelakaan.

Pentingnya gunakan riding gear yang lengkap saat berkendaraimambudi Pentingnya gunakan riding gear yang lengkap saat berkendara

Tapi, saat berkendara juga terkadang melewati cuaca yang panas dan jaket seperti ini biasanya cenderung akan lebih terasa panas.

"Disarankan jaket juga memiliki lubang ventilasi dengan menggunakan ritsleting yang dapat dibuka dan ditutup saat berkendara untuk mengatur jalannya sirkulasi udara di dalam jaket pengendara," kata Demmy.

Demmy mengatakan, menggunakan jaket saat berkendara merupakan kebiasaan yang harus menjadi gaya hidup setiap pengendara. Selain menggunakan jaket, pengendara juga wajib untuk selalu memakai helm, sarung tangan, celana Panjang, dan sepatu setiap kali bepergian ke mana pun saat menggunakan motor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com