Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Tegaskan Kasus Unboxing Motor Jangan Terulang di MotoGP Mandalika

Kompas.com - 14/01/2022, 14:42 WIB
M. Adika Faris Ihsan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

MANDALIKA, KOMPAS.com - Pemerintah tengah berpacu dengan waktu dalam mempersiapkan gelaran MotoGP di Pertamina Mandalika International Street Circuit, yang bakal digelar Maret 2022.

Sejumlah persiapan telah dilakukan. Dalam rapat terbatas mengenai evaluasi persiapan pelaksanaan MotoGP di Mandalika, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pun menegaskan beberapa poin penting.

Mengutip situs Sekretariat Kabinet Indonesia, Jumat (14/1/2022), Jokowi mengingatkan jangan sampai insiden unboxing alias membuka kotak paket motor balap terulang kembali.

"Saya ingin memastikan bahwa persiapan pelaksanaan MotoGP 2022 ini di Mandalika Nusa Tenggara Barat ini betul-betul harus terlaksana dengan baik, tanpa ada isu-isu yang enggak baik yang ikut numpang di situ," ucap Jokowi, Kamis (13/1/2022).

Baca juga: Pengemudi Pemula, Pahami Kode Angka dan Huruf pada Transmisi Matik

Tangkapan layar media motorsport asal Swiss Speedweek.com yang menulis kalau seorang panitia lokal di Sirkuit Mandalika membuka secara ilegal boks kargo Ducati dan mengutak-atik motor tim pabrikan milik Michael Rinaldi jelang WSBK Mandalika (19-21 November 2021).TANGKAPAN LAYAR Tangkapan layar media motorsport asal Swiss Speedweek.com yang menulis kalau seorang panitia lokal di Sirkuit Mandalika membuka secara ilegal boks kargo Ducati dan mengutak-atik motor tim pabrikan milik Michael Rinaldi jelang WSBK Mandalika (19-21 November 2021).

"Kemudian juga untuk loading dan unloading logistik bagi tim yang berlaga. Jangan sampai isu kecil-kecil seperti kemarin di Superbike ada kesalahan dalam membongkar logistik tanpa seizin tim sehingga menjadi suaranya menjadi ke arah negatif," kata ia melanjutkan.

Sebagai pengingat, dalam gelaran World Superbike (WSBK) 2021 di Mandalika, terjadi insiden pembukaan kotak paket motor milik Ducati yang dilakukan tanpa seizin pihak berkepentingan.

Selain itu, Jokowi turut menyorot pembenahan berbagai fasilitas dan infrastruktur dalam sirkuit. Ia memerintahkan agar pembenahan mulai dari royal box, paddock, hingga pit bagi pembalap dan ofisial tim dilakukan secara matang.

Baca juga: Pahami, Ini Beda Transmisi Matik Model Zig-zag dan Lurus

Jalanan untuk akses penonton ke tribun Sirkuit Mandalika dipenuhi lumpur setelah diguyur hujan deras.Kompas.com/Donny Jalanan untuk akses penonton ke tribun Sirkuit Mandalika dipenuhi lumpur setelah diguyur hujan deras.

"Di dalam sirkuit sendiri, percepat betul mengenai pembenahan fasilitas dan infrastruktur di dalam sirkuit yang terhitung jangan mepet-mepet waktu pelaksanaan, mulai dari royal box, paddock, maupun pitbull bagi pebalap dan ofisial," kata Jokowi.

Sistem drainase pun tidak luput dibahas. Mengingat pada gelaran WSBK 2021, kondisi akses jalan dan lahan sekitar sirkuit becek serta berlumpur sehingga mengurangi kenyamanan.

Sebagai informasi, MotoGP Indonesia masuk ke dalam seri kedua kalender MotoGP 2022. Balapan ini akan berlangsung pada 20 Maret 2022 di Mandalika International Street Circuit, Nusa Tenggara Barat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com