Jokowi Tegaskan Kasus Unboxing Motor Jangan Terulang di MotoGP Mandalika

Kompas.com - 14/01/2022, 14:42 WIB
Presiden Jokowi mengendarai motor saat meninjau kesiapan MotoGP di Sirkuit Mandalika, Kamis (13/1/2022). (Dokumentasi Sekretariat Presiden) Presiden Jokowi mengendarai motor saat meninjau kesiapan MotoGP di Sirkuit Mandalika, Kamis (13/1/2022). (Dokumentasi Sekretariat Presiden)

MANDALIKA, KOMPAS.com - Pemerintah tengah berpacu dengan waktu dalam mempersiapkan gelaran MotoGP di Pertamina Mandalika International Street Circuit, yang bakal digelar Maret 2022.

Sejumlah persiapan telah dilakukan. Dalam rapat terbatas mengenai evaluasi persiapan pelaksanaan MotoGP di Mandalika, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pun menegaskan beberapa poin penting.

Mengutip situs Sekretariat Kabinet Indonesia, Jumat (14/1/2022), Jokowi mengingatkan jangan sampai insiden unboxing alias membuka kotak paket motor balap terulang kembali.

"Saya ingin memastikan bahwa persiapan pelaksanaan MotoGP 2022 ini di Mandalika Nusa Tenggara Barat ini betul-betul harus terlaksana dengan baik, tanpa ada isu-isu yang enggak baik yang ikut numpang di situ," ucap Jokowi, Kamis (13/1/2022).

Baca juga: Pengemudi Pemula, Pahami Kode Angka dan Huruf pada Transmisi Matik

Tangkapan layar media motorsport asal Swiss Speedweek.com yang menulis kalau seorang panitia lokal di Sirkuit Mandalika membuka secara ilegal boks kargo Ducati dan mengutak-atik motor tim pabrikan milik Michael Rinaldi jelang WSBK Mandalika (19-21 November 2021).TANGKAPAN LAYAR Tangkapan layar media motorsport asal Swiss Speedweek.com yang menulis kalau seorang panitia lokal di Sirkuit Mandalika membuka secara ilegal boks kargo Ducati dan mengutak-atik motor tim pabrikan milik Michael Rinaldi jelang WSBK Mandalika (19-21 November 2021).

"Kemudian juga untuk loading dan unloading logistik bagi tim yang berlaga. Jangan sampai isu kecil-kecil seperti kemarin di Superbike ada kesalahan dalam membongkar logistik tanpa seizin tim sehingga menjadi suaranya menjadi ke arah negatif," kata ia melanjutkan.

Sebagai pengingat, dalam gelaran World Superbike (WSBK) 2021 di Mandalika, terjadi insiden pembukaan kotak paket motor milik Ducati yang dilakukan tanpa seizin pihak berkepentingan.

Selain itu, Jokowi turut menyorot pembenahan berbagai fasilitas dan infrastruktur dalam sirkuit. Ia memerintahkan agar pembenahan mulai dari royal box, paddock, hingga pit bagi pembalap dan ofisial tim dilakukan secara matang.

Baca juga: Pahami, Ini Beda Transmisi Matik Model Zig-zag dan Lurus

Jalanan untuk akses penonton ke tribun Sirkuit Mandalika dipenuhi lumpur setelah diguyur hujan deras.Kompas.com/Donny Jalanan untuk akses penonton ke tribun Sirkuit Mandalika dipenuhi lumpur setelah diguyur hujan deras.

"Di dalam sirkuit sendiri, percepat betul mengenai pembenahan fasilitas dan infrastruktur di dalam sirkuit yang terhitung jangan mepet-mepet waktu pelaksanaan, mulai dari royal box, paddock, maupun pitbull bagi pebalap dan ofisial," kata Jokowi.

Sistem drainase pun tidak luput dibahas. Mengingat pada gelaran WSBK 2021, kondisi akses jalan dan lahan sekitar sirkuit becek serta berlumpur sehingga mengurangi kenyamanan.

Sebagai informasi, MotoGP Indonesia masuk ke dalam seri kedua kalender MotoGP 2022. Balapan ini akan berlangsung pada 20 Maret 2022 di Mandalika International Street Circuit, Nusa Tenggara Barat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.