Selisih Rp 50 Jutaan, Apa Beda Toyota Land Cruiser VX-R dan GR Sport?

Kompas.com - 14/01/2022, 17:51 WIB
All New Toyota Land Cruiser resmi mengaspal di Indonesia KOMPAS.com/Aprida Mega NandaAll New Toyota Land Cruiser resmi mengaspal di Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com – All New Toyota Land Cruiser resmi mengaspal di Indonesia, Kamis (13/1/2022). Tersedia dua pilihan varian, VX-R yang berfokus pada kenyamanan dan GR Sport yang punya aura sporty.

Untuk harganya, varian VX-R dibanderol Rp 2,327 miliar, sedangkan GR Sport harganya lebih mahal Rp 51 juta, yakni Rp 2,378 miliar. Lalu dengan selisih harga tersebut, apa saja perbedaan antara keduanya?

Kalau bicara soal tampilan, varian GR Sport memang terkesan lebih simpel, tidak menggunakan body kit layaknya VX-R. Selain itu, pada bagian gril GR Sport, punya desain yang ikonik dengan tulisan “TOYOTA” yang ukurannya besar.

Baca juga: Mulai Rp 36 Jutaan, Yamaha Segarkan Motor Sport Retro XSR 155

Peluncuran All New Toyota Land Cruiser dan New Toyota FortunerKOMPAS.com/Aprida Mega Nanda Peluncuran All New Toyota Land Cruiser dan New Toyota Fortuner

Selain itu, tentu pada varian GR Sport ini tersemat beberapa emblem “GR” di sekujur bodinya. Kemudian, untuk pelek yang digunakan varian GR Sport lebih kecil, yakni 18 inci, sedangkan VX-R memakai pelek 20 inci dengan desain yang lebih luxury.

Perbedaan lain yang sifatnya fitur adalah pada suspensinya. Varian GR Sport mendapatkan New Stability Control dan New Adaptive Variable Suspension. Selain itu juga disematkan Electronic Kinetic Dynamic Suspension System (EKDSS) dan Electronic Differential Lock.

EKDSS merupakan sistem stabilizer yang dapat dikontrol secara elektronik ketika mobil berada di off road maupun on road. Jadi ketika ada di jalanan aspal, mobil tidak terasa limbung namun tetap fleksibel ketika dibawa off road.

Baca juga: Pengemudi Pemula, Pahami Kode Angka dan Huruf pada Transmisi Matik

All New Land CruiserKompas.com/ApridaMegaNanda All New Land Cruiser

Kemudian untuk fitur Electronic Differential Lock depan dan belakang dapat dimanfaatkan saat mobil di bawa ke medan off road yang berat. Untuk varian VX-R, hanya disematkan Torque Sensing LSD.

Bagian kabin dari kedua mobil ini juga berbeda. Misalnya seperti varian GR Sport punya warna kabin kombinasi antara hitam dan merah yang memberi kesan sporty. Sedangkan VX-R, kabinnya berwarna hitam dengan beberapa aksen kayu yang mewah.

Selain itu, tidak ada lagi perbedaan antara varian VX-R dengan GR Sport. Misalnya untuk mesin, memakai diesel 3.300 cc V6 yang menghasilkan tenaga 300,8 TK dan torsi 700 Nm.

Kemudian soal fitur canggih juga kurang lebih sama. Kedua varian ini sudah menyematkan Auto Multi-terrain Select yang menyetel mode berkendara ketika melewati medan off road.

Serta disematkan juga Toyota Safety Sense dengan berbagai fitur keselamatan aktif. Begitu juga soal keamanan kabin dengan disematkannya 8 airbags.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.