Alasan Toyota Belum Menjual Fortuner Legender di Indonesia

Kompas.com - 13/01/2022, 16:53 WIB
New Toyota Fortuner 1GD resmi mengaspal di Indonesia KOMPAS.com/Aprida Mega NandaNew Toyota Fortuner 1GD resmi mengaspal di Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com - New Toyota Fortuner dan All New Land Cruiser resmi mengaspal di Indonesia, pada Kamis (13/1/2022).

Komponen baru yang terpasang pada Fortuner terbaru ini adalah mesinnya yang kini menggunakan 1GD dengan kapasitas 2.800 cc. Mesin baru tersebut menghasilkan tenaga jauh lebih besar dibanding yang sebelumnya (2GD-FTV).

Mesin terbaru ini disematkan pada model Fortuner VRZ 4x2, VRZ GR Sport 4x2, dan VRZ GR Sport 4x4. Toyota juga masih menyediakan varian mesin 2GD untuk Fortuner tipe G.

Baca juga: Pengemudi Pemula, Pahami Kode Angka dan Huruf pada Transmisi Matik

Sebelumnya sempat beredar rumor bahwa Toyota akan membawa desain Legender ke Indonesia. Namun, faktanya Toyota masih menggunakan desain GR Sport seperti yang sudah meluncur pada Agustus 2021 lalu, hanya saja kini menggunakan varian mesin 2GD.

Lantas mengapa Toyota masih enggan membawa desain Legender ke Indonesia?

Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) menjelaskan, pada dasarnya setiap negara memiliki strategi penjualannya masing-masing.

New Toyota Fortuner 1GD resmi mengaspal di Indonesia KOMPAS.com/Aprida Mega Nanda New Toyota Fortuner 1GD resmi mengaspal di Indonesia

Khusus untuk konsumen di Indonesia, menurut Anton, pihaknya lebih berfokus dengan varian GR Sport karena kebutuhan pasar Indonesia lebih mengacu kepada power atau mesin yang lebih bertenaga.

“Memang preference-nya berbeda, kalau di Thailand itu ada varian Legender karena kebutuhan pasarnya seperti itu. Tetapi kalau di Indonesia kebanyakan mereka lebih memprioritaskan mesin yang lebih bertenaga,” ucap Anton kepada Kompas.com di Edutown BSD, Kamis (13/1/2022).

Baca juga: Motor Balap Danilo Petrucci Dijual Nyaris Rp 1 Miliar

Meski begitu, Anton mengatakan tetap melakukan studi untuk terus melakukan pembaharuan baik dari segi interior, eksterior maupun fitur.

“Kita akan terus minta masukan konsumen dan melakukan pengembangan baik dari sisi interior, eksterior maupun fitur,” kata dia.

Bicara soal harga, New Fortuner 1GD, dibanderol Rp 580,9 juta (VRZ 4x2), Rp 597,9 juta (VRZ GR Sport 4x2) dan Rp 684,5 juta (VRZ GR Sport 4x4).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.