Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Periklindo Electric Vehicle Show Digelar 12-22 Mei 2022

Kompas.com - 13/01/2022, 14:03 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Masa depan kendaraan listrik merupakan keniscayaan, karena itu upaya untuk mendorong percepatan pemakaian kendaraan listrik di masyarakat terus digenjot.

Pertengahan 2022 akan ada pameran khusus kendaraan listrik bertaraf internasional bertajuk Periklindo Electric Vehicle Show atau PEVS, yang berlangsung pada 12-22 Mei 2022, di JIExpo, Kemayoran, Jakarta.

Sesuai namanya acara ini digawangi oleh Periklindo atau Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia sebagai asosiasi kendaraan listrik di Tanah Air, dengan penyelenggara acara Dyandra Promosindo.

Baca juga: Pertamina Imbau Pengemudi Tidak Menggoyangkan Kendaraan Saat Isi BBM

Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) akan digelar pada 12-22 Mei 2022.Foto: Dyandra Promosindo Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) akan digelar pada 12-22 Mei 2022.

Moeldoko, Ketua Umum Periklindo mengatakan, PEVS merupakan wujud keseriusan pihaknya memasyarakatkan kendaraan listrik di Indonesia, meski umur asosiasi ini belum genap setahun.

"Terima kasih kepada peserta yang ikut berpartisipasi dalam penyelenggaraan ini. Periklindo berdiri pada 25 April 2021 hampir setahun dan bisa menyelenggarakan PEVS ini dan saya yakin ini bisa terselenggara karena kerjasama yang sangat baik," kata Moeldoko saat sambutan di Jakarta, Rabu (12/1/2022).

Pameran ini juga merupakan langkah agar Indonesia cepat masuk ke era kendaraan listrik yang digaungkan Presiden Jokowi lewat Perpres No 55 Tahun 2019, mengenai Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) untuk Transportasi Jalan.

Baca juga: Pilihan Skutik Bekas Rp 10 Jutaan, Dapat Soul GT sampai Vario

DFSK Gelora EKompas.com/ApridaMegaNanda DFSK Gelora E

"Bahwa acara ini juga memberikan kontribusi atas Perpres No 55 2019. Karena Perpres itu tidak bisa berkembang dengan cepat tanpa dukungan kita semuanya," ujar Moeldoko.

"Karena membangun kendaraan listrik adalah relatif baru di Indonesia, ini memerlukan ekosistem besar, rangkaian yang panjang dan masih banyak isu yang mesti dijawab kepada publik, seperti kesiapan infrastruktur dan charging station, kemudian layanan purna jual," ungkapnya.

Hendra Noor Saleh, Presiden Direktur Dyandra Promosindo, penyelenggara acara mengatakan, PEVS merupakan terobosan bukan hanya di Indonesia tapi juga di kawasan.

Baca juga: Bus Tingkat PO Primadona Akhirnya Rilis dari Karoseri New Armada

Tim Sub Direktorat Sertifikasi Pesawat Udara DKPPU tengah melakukan melakukan assessment terhadap Pesawat Udara Tanpa Awak (PUTA) jenis Ehang 216.Dok. DKPPU Tim Sub Direktorat Sertifikasi Pesawat Udara DKPPU tengah melakukan melakukan assessment terhadap Pesawat Udara Tanpa Awak (PUTA) jenis Ehang 216.

"Hanya soal waktu kita akan berubah jadi kendaraan listrik. Kita membuat event terobosan yang pertama di Asia Tenggara dan mungkin pertama di Asia di luar China," kata Kohen panggilannya.

Kohen mengatakan, definisi pameran ini ialah semua kendaraan berbasis listrik. Artinya bukan hanya mobil, motor, truk dan bus listrik, tapi juga kendaraan lain termasuk drone alat angkut manusia.

"Kita tahu bersama Presiden Jokowi sejak periode pertama meminta percepatan industri mobil listrik, ini sudah periode kedua, progress sudah ada tapi belum menemukan momentum yang tepat, karena itu kita berharap pada pameran ini," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com