Pemerintah Pastikan Kesiapan Mandalika Gelar MotoGP Maret 2022

Kompas.com - 13/01/2022, 13:01 WIB
Sirkuit Mandalika siap menghelat MotoGP Mandalika 2022. DOK KEMENTERIAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIFSirkuit Mandalika siap menghelat MotoGP Mandalika 2022.
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Deputi I Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Febry Calvin Tetelepta mengatakan pemerintah terus bekerja untuk memastikan kesiapan Mandalika yang berada di Nusa Tenggara Barat, menjadi tuan rumah MotoGP Indonesia 2022.

Selain kesiapan infrastruktur dan fasilitas, beberapa aspek lain yang menjadi perhatian pemerintah, yakni ketersediaan air bersih, pasokan energi, jaringan 5G, dan kelayakan drainase atau saluran air.

Febry juga mengatakan, pemerintah sudah melakukan evaluasi terhadap penyelenggaraan World Superbike Championship (WSBK) pada November lalu.

Baca juga: Bus Tingkat PO Primadona Akhirnya Rilis dari Karoseri New Armada

Jalan Bypass BIL Mandalika Kementerian PUPR Jalan Bypass BIL Mandalika

Hal ini dilakukan agar tidak terjadi kesalahan yang sama saat penyelenggaraan MotoGP Indonesia pada Maret 2022.

Menurutnya, sesuai evaluasi WSBK 2021, ada beberapa hal yang akan ditingkatkan, antara lain sistem rekayasa lalu lintas, arus kedatangan dan kepulangan dari darat, udara, dan laut, serta pelebaran jalan dari Kuta ke Keruak.

“Setiap aspek tersebut saat ini sudah ditindaklanjuti oleh kementerian atau lembaga, serta pemerintah daerah dan ITDC,” ujar Febry, dikutip dari Antara (13/1/2022).

Baca juga: Jangan Panik, Lakukan Ini bila Rem Mobil Blong

Pemandangan jalannya balapan World Superbike (WSBK) dari tribune utama Sirkuit Mandalika, Lombok.Kompas.com/Alsadad Rudi Pemandangan jalannya balapan World Superbike (WSBK) dari tribune utama Sirkuit Mandalika, Lombok.

Ia menambahkan, penyelenggaraan ajang internasional seperti MotoGP 2022 dapat menjadi momentum penting kebangkitan sektor pariwisata.

“KSP akan memastikan kawasan ini dipersiapkan dengan benar untuk menjadi satu magnet pariwisata baru di Indonesia,” ucap Febry.

“Karena itu perlu ada kerja sama pemerintah dengan seluruh elemen masyarakat, untuk mendukung kesuksesan berbagai acara yang akan diselenggarakan di Mandalika,” kata dia.

Sebagai informasi, MotoGP Indonesia masuk ke dalam seri kedua kalender MotoGP 2022. Balapan ini akan berlangsung pada 20 Maret 2022 di Mandalika International Street Circuit, Nusa Tenggara Barat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.