Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Pastikan Kesiapan Mandalika Gelar MotoGP Maret 2022

Kompas.com - 13/01/2022, 13:01 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Deputi I Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Febry Calvin Tetelepta mengatakan pemerintah terus bekerja untuk memastikan kesiapan Mandalika yang berada di Nusa Tenggara Barat, menjadi tuan rumah MotoGP Indonesia 2022.

Selain kesiapan infrastruktur dan fasilitas, beberapa aspek lain yang menjadi perhatian pemerintah, yakni ketersediaan air bersih, pasokan energi, jaringan 5G, dan kelayakan drainase atau saluran air.

Febry juga mengatakan, pemerintah sudah melakukan evaluasi terhadap penyelenggaraan World Superbike Championship (WSBK) pada November lalu.

Baca juga: Bus Tingkat PO Primadona Akhirnya Rilis dari Karoseri New Armada

Jalan Bypass BIL Mandalika Kementerian PUPR Jalan Bypass BIL Mandalika

Hal ini dilakukan agar tidak terjadi kesalahan yang sama saat penyelenggaraan MotoGP Indonesia pada Maret 2022.

Menurutnya, sesuai evaluasi WSBK 2021, ada beberapa hal yang akan ditingkatkan, antara lain sistem rekayasa lalu lintas, arus kedatangan dan kepulangan dari darat, udara, dan laut, serta pelebaran jalan dari Kuta ke Keruak.

“Setiap aspek tersebut saat ini sudah ditindaklanjuti oleh kementerian atau lembaga, serta pemerintah daerah dan ITDC,” ujar Febry, dikutip dari Antara (13/1/2022).

Baca juga: Jangan Panik, Lakukan Ini bila Rem Mobil Blong

Pemandangan jalannya balapan World Superbike (WSBK) dari tribune utama Sirkuit Mandalika, Lombok.Kompas.com/Alsadad Rudi Pemandangan jalannya balapan World Superbike (WSBK) dari tribune utama Sirkuit Mandalika, Lombok.

Ia menambahkan, penyelenggaraan ajang internasional seperti MotoGP 2022 dapat menjadi momentum penting kebangkitan sektor pariwisata.

“KSP akan memastikan kawasan ini dipersiapkan dengan benar untuk menjadi satu magnet pariwisata baru di Indonesia,” ucap Febry.

“Karena itu perlu ada kerja sama pemerintah dengan seluruh elemen masyarakat, untuk mendukung kesuksesan berbagai acara yang akan diselenggarakan di Mandalika,” kata dia.

Sebagai informasi, MotoGP Indonesia masuk ke dalam seri kedua kalender MotoGP 2022. Balapan ini akan berlangsung pada 20 Maret 2022 di Mandalika International Street Circuit, Nusa Tenggara Barat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com