Bus Medium Monokok Adiputro Sedang Uji Coba di Solo

Kompas.com - 12/01/2022, 16:21 WIB
Jetbus Transit buatan Adiputro sedang diuji coba di Solo DOK. ADIPUTROJetbus Transit buatan Adiputro sedang diuji coba di Solo

SOLO, KOMPAS.com – Karoseri Adiputro pada Juni 2021 memperkenalkan inovasi bus medium monokok. Bus tersebut diberi nama Jetbus Transit dengan model bus perkotaan yang memiliki pintu masuk rendah (low entry).

Mengutip dari Instagram Karoseri Adiputro, Jetbus Transit sedang diuji coba di Solo. Uji coba ini berlangsung sejak 10 Januari sampai 10 Februari 2022.

Bus monokok berlantai rendah ini disebut ramah difabel atau pengguna kursi roda. Pada pintu tengah bus, terdapat ramp yang bisa digunakan sebagai akses pengguna kursi roda untuk masuk ke kabinnya.

Baca juga: Mobil Matik Mogok Jangan Diderek, Begini Cara Benarnya

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Adiputro Wirasejati (@adiputro_official)

 

Selain itu, terdapat juga tempat khusus kursi roda di kabin dengan melipat salah satu bangku. Jetbus Transit dengan keliar hitam dan putih ini beroperasi di rute BST Koridor I dengan jalur Terminal Palur-Bandara Adi Soemarmo.

Untuk tampilan eksterior, memang bus ini terlihat berbeda dari bus medium perkotaan pada umumnya. Sasisnya yang monokok membuat karoseri leluasa mendesain bodi bus yang rendah, sehingga tidak penumpang tidak kesulitan untuk naik.

Selain itu, disematkan juga per keong yang diklaim lebih stabil dibanding per daun yang umumnya digunakan bus medium. Penggunaan bodi monokok juga diklaim lebih ringan, sehingga konsumsi bahan bakar bisa lebih hemat.

Baca juga: Wacana Pakai Roof Box Bisa Kena Tilang, Ini Tanggapan Komunitas

Jetbus Transit buatan Adiputro sedang diuji coba di SoloDOK. ADIPUTRO Jetbus Transit buatan Adiputro sedang diuji coba di Solo

Pada bagian kabin, terdapat kurang lebih 19 bangku untuk penumpang duduk. Selain itu, dipasang juga pegangan tangan serta lorong yang lega untuk penumpang yang berdiri.

Bagi yang berminat, silahkan coba Jetbus Transit ini di Solo, khususnya Koridor I. Hadirnya bus medium monokok ini juga jadi hal yang menarik, karena bus medium juga bisa dijadikan bus perkotaan yang tampilannya keren.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.