Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Indikator Bensin Sudah E, Berapa Jauh Mobil Masih Bisa Melaju?

JAKARTA, KOMPAS.COM — Bahan bakar minyak (BBM) menjadi unsur penting mobil untuk melaju.Tanpa ada bahan bakar mobil tidak akan bisa berfungsi.

Oleh karena itu, pemilik mobil wajib menjaga ketersediaan bahan bakar pada mobil untuk menjalankan fungsinya. Biasanya, jumlah volume bensin yang masih tersedia di tangki mobil, ada pada jarum indikator bahan bakar pada speedometer.

Bila jarum indikator sudah menyentuh huruf E, artinya bensin habis. Sebaliknya, jika posisi jarum di huruf F artinya bahan bakar penuh.

Sejatinya, saat kondisi jarum indikator BBM sudah menyentuh E, mobil tidak akan langsung mati. Mobil masih bisa melaju dalam jarak terbatas sampai menemukan SPBU terdekat.

Lantas, pertanyaannya seberapa jauh mobil bisa melaju saat jarum indikator bensin sudah menyentuh E?

Kepala Bengkel Auto2000 Raden Intan Nurrahman Adi Saputra mengatakan jika indikator BBM mobil yang sudah di E itu masih bisa melaju beberapa kilometer. Namun, jarak kemampuannya sangat variabel tergantung jenis kendaraan.

“Saat dicek indikator range walaupun sudah kosong pun kadang sisa bahan bakar masih bisa menghidupkan mesin,” kata Nurrahman Adi baru-baru ini pada Kompas.com.

Menurutnya saat posisi indikator bensin di E, rata-rata daya jangkau di display masih bisa menempuh sekitar 20 km. Akan tetapi jarak tempuh sangat bergantung pada penggunaan dan medan.

Indikator batas minimum bahan bakar di tangki untuk menjalankan mobil juga beragam. Jenis mobil seperti LMPV, LCGC bahkan SUV memiliki batas maksimum yang berbeda.

“Spesifikasi ini yang perlu saya coba cari info lebih detail karena saya saat ini belum ada referensi pasti rata-rata setiap kendaraan,” imbuhnya.

Meskipun masih bisa dijalankan beberapa kilometer, namun bukan berarti pemilik mobil boleh abai. E adalah tanda untuk segera lakukan pengisian ulang bahan bakar.

Mobil dapat melaju dengan sisa ketersedian bahan bakar di tangki untuk bertahan di situasi mendesak.

Contohnya, apabila bahan bakar sudah E kemudian jarak pom bensin terdekat tidak diketahui, maka untuk antisipasinya bisa mengatur atau menjaga pengendaraan di mode hemat BBM.

Bahkan seperti penggunaan AC dapat dimatikan untuk menghemat bahan bakar agar tidak kehabisan sebelum mencapai lokasi pengisian bahan bakar terdekat. 

https://otomotif.kompas.com/read/2022/01/13/114200215/indikator-bensin-sudah-e-berapa-jauh-mobil-masih-bisa-melaju-

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke