Mengenal Ragam Fitur Keselamatan pada Mobil

Kompas.com - 12/01/2022, 18:01 WIB
Ilustrasi fitur keselamatan Toyota T-Mate PAULTAN.orgIlustrasi fitur keselamatan Toyota T-Mate

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk meminimalisir cedera saat terjadi kecelakaan, banyak mobil saat ini sudah dilengkapi dengan fitur-fitur keselamatan yang canggih.

Tidak hanya untuk meminimalisir, beberapa fitur berguna untuk mencegah atau mengantisipasi terjadinya kecelakaan, misalnya safety belt atau seat belt yang berfungsi menahan pengemudi dan penumpang agar tidak terhempas saat ada goncangan pada mobil.

Umumnya, fitur-fitur ini memiliki nama yang berbeda-beda tergantung produsen mobilnya. Namun, semuanya memiliki fungsi atau konsep yang sama.

Baca juga: Mengemudi Bawa Anak Kecil, Wajib Aktifkan Fitur Keamanan Ini

Selain seat belt, berikut ini adalah fitur-fitur keselamatan yang ada pada kebanyakkan mobil saat ini:

1. Blind Spot Detector

Sesuai dengan namanya, fitur ini membantu pengemudi untuk memonitor blind spot atau titik-titik buta dari dalam mobil. Karena, ada beberapa area jalan yang tidak terlihat dari kabin pengemudi.

Training Director The Real Driving Center (RDC) Marcell Kurniawan mengatakan, fitur ini merupakan salah satu cara untuk meminimalisir blind spot.

"Selain memaksimalkan area pandang pada spion, pengemudi juga bisa menambah peranti lain seperti blind spot mirror atau blind spot detection system," ujar Marcell, seperti dikutip dari Kompas.com (11/1/2021).

Blind spot detector akan mengingatkan pengemudi, jika ada benda atau kendaraan lain yang terdeteksi di area mobil dan tidak terlihat oleh pengemudi. Peringatan yang dikeluarkan biasanya berupa kedipan lampu atau suara.

2. Airbag

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.