Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Peserta Balapan Liar di Ancol Sudah Tembus 200 Orang

JAKARTA, KOMPAS.com - Polda Metro Jaya mencatat setidaknya 200 pembalap telah daftar sebagai peserta seri pertama kompetisi resmi balapan liar yang akan digelar di Ancol, Jakarta Utara, (16/1/ 2022).

“Sampai hari ini yang mendaftar sudah ada 200-an peserta,” ucap Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Sambodo Purnomo Yogo, Rabu (12/1/2022).

Jumlah peserta tersebut merupakan data yang dicatatkan kepolisian sejak pendaftaran dibuka pada Selasa (11/1/2022).

Sebelumnya, Sambodo mengatakan bahwa jumlah peserta drag race dibatasi hanya 350 orang. Dengan demikian, hanya tersisa kuota bagi 150 pendaftar dari batas peserta yang ditentukan Polda Metro Jaya.

Menurut Sambodo, kepolisian sudah menyediakan door prize bagi para peserta kompetisi yang akan digelar pada 16 Januari 2022 itu.

“Hanya hadiah door prize,” kata dia.

Sambodo mengatakan, bagi peserta yang ingin mendaftarkan diri di kompetisi ini bisa mengakses aplikasi Tiket.com atau melalui situs Loket.com.

Para peserta diminta mengisi sejumlah data dan memenuhi persyaratan yang tertera dalam laman pendaftaran tersebut. Salah satunya adalah surat izin dari orang tua bagi pembalap yang masih berusia di bawah 12 tahun.

Selain itu, akan ada pembagian kelas turnamen yang disesuaikan dengan spesifikasi sepeda motor. Setidaknya ada tujuh kelas street race yang akan diselenggarakan Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya.

“Syarat motor sudah dibagi beberapa kelas, sudah dikomunikasikan dengan beberapa komunitas. Rencananya tujuh kelas,” kata dia.

Kegiatan yang difasilitasi oleh Polda Metro Jaya ini diharapkan dapat mengubah stigma negatif terhadap balap liar. Tak hanya itu, balapan yang diselenggarakan Polda Metro Jaya ini juga diharapkan bisa menghilangkan peristiwa balap liar yang kerap terjadi di Jakarta.

“Mudah-mudahan niat baik kita ini, bisa menyelamatkan anak-anak kita. Kemudian bagi mereka yang memiliki potensi untuk menjadi pembalap, bisa tersalurkan,” ucap Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/01/13/070200315/peserta-balapan-liar-di-ancol-sudah-tembus-200-orang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke