Komparasi Sasis Hino RN8J dengan RN 285

Kompas.com - 11/01/2022, 11:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.comSasis Hino yang dijual di Indonesia saat ini masih mengikuti standar Euro2. Sedangkan mulai April 2022, seluruh kendaraan diesel yang dijual dan diproduksi di Indonesia wajib sudah memenuhi standar Euro4.

Oleh karena itu, Hino juga harus menghadirkan produk baru yang tentunya sudah sesuai standar Euro4. Belum lama ini, sebuah bus berkelir biru baru keluar dari Karoseri Laksana dan dipasang ke sasis Hino RN8J, seperti yang tertera pada livery-nya.

Sasis Hino RN8J sebenarnya sudah hadir di berbagai negara tetangga seperti Australia, Filipina, dan Pakistan. Sedangkan untuk di Indonesia, Hino Motors Sales Indonesia masih belum menjual sasis tersebut.

Baca juga: Honda Giorno Meluncur, Skutik Retro Lebih Mungil dari Scoopy

Bus AKAP PO Sinar Jaya dengan sasis Hino RN 285DOK. PT HMSI Bus AKAP PO Sinar Jaya dengan sasis Hino RN 285

Jika dibandingkan, Hino RN8J sangat pas untuk menggantikan sasis RN 285 yang dijual di Indonesia. Misalnya, kedua sasis menggunakan suspensi udara tipe narrow dan punya GVW 16 ton, alias sama.

Perbedaannya ada pada variasi mesin yang digunakan. Kedua sasis memiliki basis mesin yang sama, yakni J08E, namun kodenya sedikit berbeda, yakni J08E-VD (RN8J) dan J08E-VT (RN285).

Mesin yang digunakan RN8J mengeluarkan tenaga 276,3 TK di 2.400 rpm dan torsi 824 Nm di 1.500 rpm. Sedangkan sasis RN 285 yang dijual di Indonesia, menghasilkan tenaga 281,2 TK di 2.500 rpm dan torsi 892,4 Nm di 1.500 rpm.

Baca juga: Bedanya Bus Tingkat PO Agung Sejati dengan Double Decker Adiputro Terbaru

Di atas kertas, mesin RN 285 punya tenaga dan torsi yang lebih besar. Namun bedanya, sasis RN 285 masih standar Euro2, sedangkan untuk RN8J sudah Euro4 (Filipina) dan Euro5 (Australia).

HMSI sendiri kabarnya akan memperkenalkan produk baru pada April 2022 yang tentunya sudah sesuai dengan regulasi Euro4. Menarik untuk ditunggu seperti apa sasis baru dari Hino untuk bus-bus di Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.