Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komparasi Sasis Hino RN8J dengan RN 285

Kompas.com - 11/01/2022, 11:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comSasis Hino yang dijual di Indonesia saat ini masih mengikuti standar Euro2. Sedangkan mulai April 2022, seluruh kendaraan diesel yang dijual dan diproduksi di Indonesia wajib sudah memenuhi standar Euro4.

Oleh karena itu, Hino juga harus menghadirkan produk baru yang tentunya sudah sesuai standar Euro4. Belum lama ini, sebuah bus berkelir biru baru keluar dari Karoseri Laksana dan dipasang ke sasis Hino RN8J, seperti yang tertera pada livery-nya.

Sasis Hino RN8J sebenarnya sudah hadir di berbagai negara tetangga seperti Australia, Filipina, dan Pakistan. Sedangkan untuk di Indonesia, Hino Motors Sales Indonesia masih belum menjual sasis tersebut.

Baca juga: Honda Giorno Meluncur, Skutik Retro Lebih Mungil dari Scoopy

Bus AKAP PO Sinar Jaya dengan sasis Hino RN 285DOK. PT HMSI Bus AKAP PO Sinar Jaya dengan sasis Hino RN 285

Jika dibandingkan, Hino RN8J sangat pas untuk menggantikan sasis RN 285 yang dijual di Indonesia. Misalnya, kedua sasis menggunakan suspensi udara tipe narrow dan punya GVW 16 ton, alias sama.

Perbedaannya ada pada variasi mesin yang digunakan. Kedua sasis memiliki basis mesin yang sama, yakni J08E, namun kodenya sedikit berbeda, yakni J08E-VD (RN8J) dan J08E-VT (RN285).

Mesin yang digunakan RN8J mengeluarkan tenaga 276,3 TK di 2.400 rpm dan torsi 824 Nm di 1.500 rpm. Sedangkan sasis RN 285 yang dijual di Indonesia, menghasilkan tenaga 281,2 TK di 2.500 rpm dan torsi 892,4 Nm di 1.500 rpm.

Baca juga: Bedanya Bus Tingkat PO Agung Sejati dengan Double Decker Adiputro Terbaru

Di atas kertas, mesin RN 285 punya tenaga dan torsi yang lebih besar. Namun bedanya, sasis RN 285 masih standar Euro2, sedangkan untuk RN8J sudah Euro4 (Filipina) dan Euro5 (Australia).

HMSI sendiri kabarnya akan memperkenalkan produk baru pada April 2022 yang tentunya sudah sesuai dengan regulasi Euro4. Menarik untuk ditunggu seperti apa sasis baru dari Hino untuk bus-bus di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com