Kata Pengamat, Kecelakaan di Tol Kayu Agung Ada Dugaan Kelalaian Pengelola Jalan Tol

Kompas.com - 10/01/2022, 14:31 WIB
Kecelakaan maut di Jalan Tol Kayu Agung ? Palembang ? Betung (Kapal Betung) Sumsel.tribunnews.comKecelakaan maut di Jalan Tol Kayu Agung ? Palembang ? Betung (Kapal Betung)

JAKARTA, KOMPAS.com - Imbas menghindari jalan berlubang di Tol Kayu Agung-Palembang-Betung Km 363+400, seorang pengendara mobil yang kabarnya merupakan mahasiswi Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Palembang (UMP), meninggal dunia pada Jumat (7/1/2022).

Mahasiswi tersebut berkendara dari arah Kayu Agung menuju Palembang. Setibanya di TKP, pengendara berupaya menghindari lubang, namun justru mobil oleng dan menabrak Median Concrete Barrier (MCB) Beton yang membuat korban terpental keluar dari mobil sejauh 15 meter.

Berkaca dari kejadian tersebut, Budiyanto, Pemerhati Masalah Transportasi dan Hukum mengatakan, terlepas dari apapun alasan yang disampaikan, patut diduga ada ada unsur kelalaian dari pihak pengelola jalan tol.

Baca juga: Kecelakaan Maut di Tol Kayu Agung, Ini Kata Pengelola

"Ada dugaan kelalaian dari pengelola jalan tol Palembang-Lampung. Untuk menjaga agar kejadian tak terulang, harus ada langkah penyidikan secara komprehensif untuk pertanggung jawaban, baik secara perdata maupun pidannya dari pihak pengelola jalan tol," tulis Budi dalam keterangan yang diterima Kompas.com, Senin (10/1/2022).

Budi menjelaskan, dalam Undang-undang No.38 tahun 2004 tentang jalan tol, pada Pasal 44 ayat (3) dijelaskan bahwa jalan tol mempunyai spesifikasi dan pelayanan yang lebih tinggi dari pada jalan umum yang ada.

Volume lalu lintas harian rata-rata (LHR) Jalan Tol Jasa Marga di seluruh Indonesia Jasa Marga Volume lalu lintas harian rata-rata (LHR) Jalan Tol Jasa Marga di seluruh Indonesia

Pada Pasal 46 ayat (2), dipaparkan bahwa pengaturan jalan tok ditunjukan untuk mewujudkan jalan tol yang aman, nyaman, berhasil guna dan berdaya guna serta pengusahaan yang transparan dan terbuka.

Sementara itu, dalam Undang Undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) No.22 tahun 2009 Pasal 24 ayat (1) dijelaskan, Penyelenggara jalan wajib segera dan patut untuk memperbaiki jalan yang rusak yang dapat mengakibatkan kecelakaan lalu lintas.

"Ayat (22), dalam hal belum dapat dilakukan perbaikan jalan yang rusak, penyelenggara jalan wajib memberikan tanda atau rambu-rambu pada jalan yang rusak untuk mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas," kata Budi.

Baca juga: Kecelakaan Maut Pengemudi Terlempar dari Mobil, Ini Pentingnya Pakai Safety Belt

Lebih lanjut Budi juga menyinggung soal Peraturan Pemerintah No.15 tahun 2005 tentang Jalan Tol pada Pasal 87 dan Pasal 92 yang masing-masing berbunyi ;

"(87) Pengguna jalan tol berhak menuntut ganti rugi kepada Badan Pengelola Jalan Tol. (92) Badan usaha wajib mengganti kerugian yang diderita oleh pengguna jalan tol sebagai akibat kesalahan dari Badan Usaha dan Pengusahan Jalan Tol."

Tol layang MBZ Jakarta-CikampekJASA MARGA Tol layang MBZ Jakarta-Cikampek

Menurut Budi, melihat dari penyebab kecelakaan lalu lintas yang terjadi, pengemudi menghindari lubang yang berakibat mobil menabrak median kemudian membuatnya meninggal dunia.

"Ada dugaan kelalaian karena pada jalan berlubang tidak segera diperbaiki dan tidak ada tanda-tanda atau rambu-rambu sebagai tanda peringatan," ucap Budi.

"Ketentuan pidananya sehubungan dengan kejadian kecelakaan tersebut dapat dikenakan Pasal 273 Undang Undang LLAJ No.22 tahun 2009," kata Budi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.