[POPULER OTOMOTIF] Keberatan, Pengendara Nmax Putar Balik dan Jatuh | Salah Injak Pedal, Mobil Tabrak Pemotor hingga Tewas

Kompas.com - 08/01/2022, 06:32 WIB
Jajal All New Nmax Connected/ABS KOMPAS.com/AdityoJajal All New Nmax Connected/ABS

JAKARTA, KOMPAS.COM— Mengendarai sepeda motor memang perlu keahlian khusus. Pengendara motor dituntut harus bisa mengendalikan tunggangannya dalam berbagai kondisi.
Viral di media sosial, video yang memperlihatkan perempuan terjatuh saat hendak putar balik. Perempuan itu tidak kuat menahan bobot Yamaha Nmax yang diduga terlalu berat.

Dalam video yang diunggah akun Instagram, Agoez Bandz4, motor jatuh atau rebah dalam keadaan berhenti dan setang menekuk ke kanan. Dalam istilah sehari-hari kondisi itu kerap disebut "jatoh bego."

Selain itu, artikel salah injak pedal, mobil tabrak pemotor hingga tewas juga menjadi perhatian tersendiri. Kasus pengemudi salah injak pedal gas hingga sebabkan kecelakaan kembali terjadi.

Insiden menimpa seorang pria di Jalan Sultan Babulah, Kelurahan Silale, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon. Menurut Kasubag Humas Polresta Pulau Ambon Iptu Isack Leatemia, peristiwa bermula saat Toyota Avanza yang dikendarai seorang pria melaju dari arah Perigi Lima menuju persimpangan Al Fatah Ambon.

Saat tiba di lokasi kejadian, pengendara mobil dikagetkan dengan sepeda motor Yamaha Fino yang melintas di depan mobilnya.

Selengkapnya, berikut daftar 5 artikel terfavorit di kanal Kompas Otomotif, Jumat (7/1/2022):

1. Keberatan, Pengendara Nmax Putar Balik dan Jatuh

Jajal All New Nmax Connected/ABSKOMPAS.com/Adityo Jajal All New Nmax Connected/ABS

Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Jusri Pulubuhu, mengatakan untuk mencegah motor terjatuh, pertama yang perlu diperhatikan adalah kecepatan dan gaya. “Begitu motor bergerak dia punya gaya sentrifugal berubah.

Saat berhenti gaya itu mengecil, saat bergerak beda lagi,” kata Jusri kepada Kompas.com, belum lama ini.

Jusri mengatakan untuk mengendalikan motor yang berat maka kecepatan di bawah 30 kpj jangan rem mendadak. Hindari penggunaan rem depan tapi menggunakan rem belakang.

Baca juga: Keberatan, Pengendara Nmax Putar Balik dan Jatuh

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.