Viar Optimistis Penjualan Motor Listrik Meningkat pada 2022

Kompas.com - 05/01/2022, 09:02 WIB
Viar Q1 KOMPAS.com/GilangViar Q1

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasuki tahun baru 2022, Viar Motor Indonesia optimistis bahwa penjualan sepeda motor listrik Viar Q1 akan meningkat dibandingkan tahun lalu.

Frengky Osmond, Marketing Communication Viar Motor Indonesia, mengatakan, pada 2021 penjualan Viar Q1 masih disokong oleh aplikasi penyedia jasa ojek online.

Namun, di sisi lain, penjualan untuk ritel perlahan juga mulai meningkat, sehingga pihaknya optimistis bahwa akselerasi penjualan motor nol emisi itu akan makin baik.

Baca juga: Bolehkan Air Hujan Dijadikan Pengganti Cairan Aki?

Motor listrik GrabBike dengan Viar Q1Grab Motor listrik GrabBike dengan Viar Q1

"Secara keseluruhan penjualan masih kepada pemenuhan pesanan Grab," kata Frengky kepada Kompas.com, belum lama ini.

"Untuk ritel mulai ada peningkatan, artinya perlahan masyarakat mulai melirik kendaraan listrik dan kami harapkan di tahun 2022 permintaan akan motor listrik semakin meningkat," ungkapnya.

Meski demikian, Frengky enggan menyebutkan angka penjualan Viar Q1 sepanjang 2021.

Baca juga: PPKM Diperpanjang, Cek Aturan Perjalanan Keluar Kota

Viar CarakaFoto: Viar Viar Caraka

Selain motor listrik, Viar juga makin fokus pada segmen sepeda listrik atau e-bike. Pada pengujung 2021, Viar kembali meluncurkan dua model e-bike, yaitu Viar U1 dan New Viar Akasha1.

Viar pertama kali terjun ke e-bike pada pertengahan 2020 saat pandemi Covid-19.

Model pertama ialah Viar Akasha dan Uno pada Agustus 2020, kemudian Viar Panama pada September, dan Viar Orion pada Desember, berlanjut Viar Caraka pada Januari 2021.

"Total enam model, untuk sepeda (listrik) marketnya luas kalau dibandingkan motor, karena harganya juga lebih bersaing," kata Frengky.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.