Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagnaia Sebut Ducati Desmosedici GP22 Sudah Siap untuk Balapan

Kompas.com - 04/01/2022, 19:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebelum MotoGP 2022 dimulai, ada serangkaian sesi tes pra-musim yang dijalankan untuk para tim. Sesi ini yang digunakan untuk mengembangkan dan meningkatkan performa motor.

Namun, baru melewati sesi tes pertama di Jerez, Spanyol, pada November 2021, Francesco Bagnaia sudah mengatakan bahwa motor balap Ducati Desmosedici GP22 sudah siap digunakan untuk balapan.

Baca juga: Tak Mau Jadi Beban, Bagnaia Sebut Dirinya Bukan Stoner

Pada akhir musim 2021, Bagnaia memang mengatakan bahwa Ducati adalah motor yang sempurna. Semua masukan pebalap didengarkan dan diterapkan pada motor musim ini.

Francesco Bagnaia saat balapan pada MotoGP Emilia Romagna 2021. (Photo by ANDREAS SOLARO / AFP)ANDREAS SOLARO Francesco Bagnaia saat balapan pada MotoGP Emilia Romagna 2021. (Photo by ANDREAS SOLARO / AFP)

"Menurut saya, Ducati sudah mendengar banyak dari para pebalap, dari saya, dari Jack (Miller), dari (Johann) Zarco, dari (Jorge) Martin, karena saya meminta motor yang lebih mudah, karena semua orang bilang Ducati adalah motor paling mudah, paling kencang, motor yang lebih baik untuk digunakan," ujar Bagnaia, dikutip dari Motorsport.com, Selasa (4/1/2022).

Bagnaia menambahkan, dia tidak bisa memahami hal tersebut, karena dia sendiri belum pernah mencoba motor lain selain Ducati.

Baca juga: Bos Ducati yakin Bagnaia Bisa Rebut Hati Fans Rossi

"Jadi, sulit mengatakan sesuatu tentang motor lain tanpa mencobanya. Tapi, saya meminta motor yang mudah dikendarai di trek yang kencang dengan tikungan yang cepat, karena motor kami tidak mudah dalam situasi tersebut," kata Bagnaia.

Francesco Bagnaia saat berlaga pada MotoGP Amerika 2021.   Mirco Lazzari gp/Getty Images/AFP (Photo by Mirco Lazzari gp / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP)MIRCO LAZZARI GP Francesco Bagnaia saat berlaga pada MotoGP Amerika 2021. Mirco Lazzari gp/Getty Images/AFP (Photo by Mirco Lazzari gp / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP)

Menurutnya, dengan fairing yang baru, dia merasa lebih baik, meskipun masih ada beberapa kelemahan. Dia pun yakin dan percaya pada teknisi Ducati bisa mengatasinya.

"Tapi, saat tes di Jerez, catatan waktu kami dengan motor baru luar biasa, karena saya melakukannya dengan tangki yang penuh dan ban medium," ujar Bagnaia.

Bagnaia mengatakan, hal tersebut luar biasa, apalagi mengingat ini adalah motor baru. Sementara banyak pebalap yang harus beradaptasi dengan motor baru untuk bisa melaju kencang.

Rider Ducati Francesco Bagnaia dan pebalap legendaris Valentino Rossi bersalaman pada sesi FP3 MotoGP Valencia, Sabtu (13/11/2021).MOTOGP Rider Ducati Francesco Bagnaia dan pebalap legendaris Valentino Rossi bersalaman pada sesi FP3 MotoGP Valencia, Sabtu (13/11/2021).

"Saya memulainya dengan baik, saya bekerja keras selama dua hari dan di hari kedua sudah merasa oke, ini sudah layak dipakai balapan. Jika balapan sehari setelahnya, saya akan mulai dengan motor itu," kata Bagnaia.

Menurutnya, para teknisi Ducati sudah melakukan pekerjaan yang luar biasa pada motor musim ini. Dia pun yakin akan mendapat kejutan lagi saat sesi tes di Malaysia pada 5 Februari 2022.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com