Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bus Ugal-ugalan, Cerminan Pengemudi Tak Punya Edukasi

Kompas.com - 03/01/2022, 20:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Aksi bus ugal-ugalan memang menjadi pemandangan yang ironis di Indonesia. Walaupun kecelakaan bus kerap terjadi, namun pengemudinya tidak juga paham pentingnya keselamatan.

Aksi ugal tadi bisa dilihat pada video yang diunggah akun dashcam Indonesia ke Instagram. Terlihat aksi bus ugal direkam dari bus lainnya yang ada di belakang. Bus mengambil jalur lawan sambil melakukan aksi oleng.

Pada video tersebut memang tidak terlihat adanya kecelakaan dari aksi oleng tadi. Namun kalau pengemudi perilakunya seperti itu, kecelakaan tinggal tunggu waktu saja.

Baca juga: Diskon PPnBM Berakhir, Beli Mobil Toyota Pakai Harga Baru atau Lama?

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dashcam Indonesia (@dashcamindonesia)

 

Marcell Kurniawan, Training Director The Real Driving Centre mengatakan, pengemudi tadi memperlihatkan dirinya tidak teredukasi atau uneducated.

"Jelas pengemudinya uneducated, sehingga bukannya meminimalisir kecelakaan, dia malah sangat berani untuk mengambil risiko," ucap Marcell kepada Kompas.com, Senin (3/12/2022).

Faktor edukasi kepada pengemudi bus memang bisa dibilang masih kurang. Sebagian pengemudi bus hanya bisa mengoperasikan kendaraan tapi tidak paham soal keselamatan.

Baca juga: Tidak Sempat ke Satpas, Begini Cara Perpanjangan SIM Secara Online

Menurut Marcell, edukasi untuk pengemudi bus harus dimulai walaupun memang tidak bisa berdampak langsung mengurangi angka kecelakaan bus. Namun setidaknya, pengemudi tahu dan paham risiko bahaya yang ada di jalan raya.

"Selain itu kalau ada fondasinya, maka penegakkan hukumnya jadi lebih mudah," kata Marcell.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com