Tidak Sempat ke Satpas, Begini Cara Perpanjangan SIM Secara Online

Kompas.com - 03/01/2022, 17:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Surat Izin Mengemudi (SIM) harus tetap aktif masa berlakunya agar tetap bisa digunakan. Untuk itu, perlu dilakukan perpanjangan setiap lima tahun sesuai ketentuan yang sudah diberlakukan.

Untuk perpanjangan SIM, baik SIM A maupun SIM C, pemilik SIM bisa melakukannya di Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas). Tapi, itu tidak wajib, karena sekarang perpanjangan SIM bisa dilakukan secara daring alias online.

Baca juga: Catat, Ini Biaya dan Syarat Bikin SIM A per Januari 2022

Pengajuan perpanjangan SIM online dapat dilakukan melalui aplikasi perpanjang SIM Online, yakni aplikasi Digital Korlantas Polri melalui layanan Sinar (SIM Nasional Persisi), yang dapat diunduh melalui AppStore maupun PlayStore.

Cara perpanjang SIM online secara mudah dan praktis serta biayanyatangkapan layar www.digitalkorlantas.id Cara perpanjang SIM online secara mudah dan praktis serta biayanya

Setelah meng-install aplikasi, pemohon perpanjang SIM perlu mendaftar akun terlebih dahulu dengan memasukkan nomor ponsel untuk kemudian akan dikirimkan kode OTP sebelum mengajukan perpanjangan.

Setelah itu, pemohon perpanjang SIM online alan diminta untuk memasukan nama lengkap sesuai KTP, NIK, dan verifikasi wajah menggunakan face recognition.

Pemohon perpanjang SIM online juga akan diminta memasukan data diri seperti nama lengkap, nomor ponsel, dan alamat email aktif.

Baca juga: Ini Biaya Pembuatan SIM C per Januari 2022

Perpanjangan SIM online dan proses unggah dokumen bisa dilakukan 90 hari sebelum tanggal masa berlaku SIM berakhir. Bila masa berlaku SIM sudah habis, maka diharuskan membuat SIM baru.

Aplikasi Digital Korlantas Polri untuk memperpanjang SIM secara online mengalami kendala, yakni kode OTP tak kunjung diterima pengguna.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Aplikasi Digital Korlantas Polri untuk memperpanjang SIM secara online mengalami kendala, yakni kode OTP tak kunjung diterima pengguna.

Perlu dicatat juga bahwa penentuan masa aktif SIM kini tak lagi sesuai dengan tanggal lahir pemiliknya. Namun, mengikuti tanggal penerbitannya.

Berikut adalah rincian cara perpanjang SIM Online melalui aplikasi Digital Korlantas Polri:

• Pilih icon "SINAR" pada aplikasi tersebut

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.