Kompas.com - 02/01/2022, 15:41 WIB

MALANG, KOMPAS.com - Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) Mobile sebagai pengembangan lebih lanjut dari ETLE Statis mulai diterapkan di berbagai daerah di Tanah Air.

Memanfaatkan kendaraan patroli kepolisian, area pengawasan yang terpantau oleh sistem ETLE Mobile jadi lebih luas dibandingkan ETLE Statis yang hanya bersifat diam di tempat.

Di Jawa Timur, Polda Jatim menamai sistem tilang elektronik dengan memanfaatkan kamera bergerak ini dengan istilah perangkat INCAR atau Integrated Node Capture Attitude Record. 

Baca juga: Pengendara Kena Tilang dan Tangki Bensin Dikuras Dinilai Berlebihan

Sebagai bagian dari kesatuan wilayah Polda Jatim, Polresta Malang Kota pun mulai menerapkan tilang elektronik secara mobile ini per Januari 2022. Artinya tiap bentuk penilangan di Kota Malang mulai sama seperti daerah lainnya yang lebih dulu menerapkan ETLE Mobile.

Mobil patroli Satlantas Polres Kediri, Jawa Timur, kini dilengkapi dengan mobile INCAR untuk memantau dan menindak pelanggaran lalu lintas.Dok Satlantas Polres Kediri Mobil patroli Satlantas Polres Kediri, Jawa Timur, kini dilengkapi dengan mobile INCAR untuk memantau dan menindak pelanggaran lalu lintas.

Nantinya sistem Artificial Inteligence (AI) yang ada dalam perangkat ETLE Mobile akan mendeteksi secara otomatis bentuk pelanggaran yang dilakukan oleh pengguna jalan.

''Jadi, kita nanti akan patroli dan sistem AI pada kamera ini yang akan mendeteksi pelanggaran para pengendara,'' ujar Kasatlantas Polresta Malang Kota AKP Yoppy Anggi Krishna, dalam keterangannya, Jumat (31/12/2021).

Baca juga: Bolehkah Dishub Melakukan Pengawalan Mobil Mewah dan Lawan Arah?

Tidak berbeda dari daerah lainnya, sistem tilang elektronik di Kota Malang terintegrasi dengan ETLE Nasional. Dengan begitu, penindakan segala bentuk pelanggaran lalu lintas tidak hanya terbatas sekat wilayah kewenangan antar kepolisian daerah.

Saat ini Polresta Malang Kota baru mengoperasikan satu unit mobil patroli yang dilengkapi perangkat INCAR. Penambahan unit tengah diajukan ke Dirlantas Polda Jatim guna memperluas area pengawasan lalu lintas Kota Malang yang belum terpantau kamera ETLE.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.