Saat Malam Tahun Baru 2022 Jumlah Kendaraan Masuk DKI via Tol Turun 23,8 Persen

Kompas.com - 01/01/2022, 17:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Jumlah kendaraan bermotor yang masuk DKI Jakarta pada malam tahun baru 2022 melalui empat gerbang tol (GT) utama turun 23,8 persen dari lalu lintas normal.

Korlantas Polri mencatat, pada periode tersebut total volume kendaraan ke wilayah Ibu Kota ialah 106.692 unit. Sementara saat keadaan normal, total kendaraan roda empat bisa mencapai 140.364 unit.

"Total empat GT utama dimaksud ialah Cikampek Utama, Kalihurip Utama, Ciawi, dan Cikupa," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kabagops Korlantas Polri Kombes Pol Dodi Darjanto, Sabtu (1/1/2022).

Baca juga: Cegah Truk ODOL, Fasilitas WIM di Jalan Tol Diterapkan Mulai Hari Ini

Kepadatan lalu lintas di Tol CikampekKOMPAS.com Kepadatan lalu lintas di Tol Cikampek

Penurunan jumlah kendaraan masuk Jakarta terjadi di empat gerbang tol utama. Penurunan terbesar terjadi di GT Cikupa, yaitu 33.267 unit. Jumlah ini turun 28 persen dibanding hari normal sebanyak 46.293 kendaraan.

Penurunan selanjutnya terjadi di GT Ciawi. Sebanyak 21.872 kendaraan tercatat memasuki Jakarta atau turun 26 persen dibanding hari normal sebanyak 29.492 unit kendaraan.

Pada GT Kalitama sebanyak 24.066 unit kendaraan tercatat meninggalkan Jakarta atau turun 21 persen dibanding hari normal. Pada hari normal jumlah kendaraan masuk Jakarta lewat GT Kalitama sebanyak 30.343 kendaraan.

Baca juga: Pengendara Motor di Indonesia Kebiasaan Tidak Pakai Helm

Adapun pada GT Cikampek Utama, tercatat 27.757 unit kendaraan masuk Jakarta atau turun 19 persen dibanding hari normal, yakni 34.236 unit.

Maka dari data tersebut bisa dinyatakan bahwa lalu lintas pada malam pergantian tahun 2021 di DKI Jakarta aman, tidak terjadi kemacetan yang berarti.

"Diimbau untuk pengendara yang kembali pada 1-2 Januari 2021 tetap terus mentaati peraturan lalu lintas yang ada, dan beristirahat apabila merasa lelah di rest area. Tentu, jangan lupa jaga protokol kesehatan," kata Dodi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.