Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tentukan Pilihanmu
0 hari menuju
Pemilu 2024

Pengendalian Lalu Lintas Tahun Baru, Korlantas Fokus 3 Lokasi di Jabar

Kompas.com - 31/12/2021, 09:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri bersama Kementerian Perhubungan (Kemenhub), menggelar rapat koordinasi dalam rangka persiapan pengendalian arus transportasi dan lalu lintas di libur tahun baru 2022.

Dirregident Korlantas Polri Brigjen Pol Yusri Yunus mengatakan, sampai dengan hari ketujuh berlangsungnya Operasi Lilin 2021, Lalu lintas terpantau kondusif.

Untuk Fokus pengamanan operasi di Jawa, Yusri mengatakan salah satu wilayah yang krusial adalah di Jawa Barat (Jabar).

"Yang perlu kita antisipasi saat arus balik pertama di KM 62 Tol Cikampek, pertemuan dari Cipularang dengan Cikampek atau Cipali. Tapi cara bertindaknya sudah kita siapkan, salah satunya contraflow," ujar Yusri dalam keterangan resminya, Kamis (30/12/2021).

Baca juga: Daftar 40 Jalan Tol yang Bakal Terapkan Transaksi Nirsentuh

Selain Jalan Tol Cikampek yang jadi titik pertemuan lalu lintas dari dua arah saat akan masuk wilayah Jabotabek, wilayah kedua yang menjadi sorotan saat libur tahun baru 2022 adalah Kawasan Pucak, di Bogor, Jawa Barat.

Kepadatan lalu lintas di Tol CikampekKOMPAS.com Kepadatan lalu lintas di Tol Cikampek

Untuk pola penanganan lalu lintas di Pucak, Yusri mengatakan akan ada pengosongan dan penutupan yang dimulai pukul 16.00 WIB. Arus lalu lintas untuk sementara dialihkan ke jalur alaternatif.

Nagrek bersama jalur alternatif Kabupaten Bandung, menjadi wilayah ketiga dalam konsentrasi penanganan lalu lintas. Menurut Yusri, semuanya sudah dikoordinasikan, termasuk untuk kendaraan sumbu tiga.

"Kepolisian memiliki diskresi, walaupun diperbolehkan kita lihat bila menghambat kita alihkan keluar tol ke jalur alternatif. Termasuk jalur rawan kecelakaan lalu lintas dan kegunaan rest area sudah kita antisipasi," kata Yusri.

Baca juga: Pengemudi Harus Tahu, Ini Jam Rawan Saat Berkendara

Jalan tol layang MBZ resmi ditutup pada masa larangan mudik Idulfitri 1442 H atau hari raya Lebaran 2021Dok. Jasa Marga Jalan tol layang MBZ resmi ditutup pada masa larangan mudik Idulfitri 1442 H atau hari raya Lebaran 2021

Sementara itu, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, wilayah Jawa Barat arus lalu lintas relatif menurun yang menunjukkan kepatuhan dari masyarakat untuk tidak melakukan perjalanan.

"Lakukan perjalanan bila dianggap penting. Kita ketatkan prokes dan pengetatan kawasan wisata dari kerumunan, harapan kami ini dapat dilaksanakan dengan baik dan kerja samanya," ujar Budi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke