Road Trip Saat Libur Tahun Baru, Penting Tentukan Rute

Kompas.com - 30/12/2021, 16:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Berniat memanfaatkan libur Tahun Baru untuk pergi keluar kota bersama keluarga atau kerabat ke tempat wisata?

Sebaiknya Anda menentukan tempat dan rute dahulu sebelum memulai perjalanan.

Perencanaan tersebut meliputi jalan mana yang dipilih, termasuk jarak tempuh itu penting untuk dipersiapkan. Salah satu yang perlu diingat, saat musim liburan seperti sekarang ini, beberapa titik menuju tempat wisata akan cenderung padat.

Baca juga: Cara Aman Berkendara Jarak Jauh di Malam Hari

Founder and Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu mengatakan, sebaiknya sebelum memulai perjalanan, pengemudi wajib mengecek dan memilih rute. Sebab, selain hujan banyak jalan di beberapa daerah sudah diperbaiki.

Honda Prospect Motor menggelar uji coba berkendara di jalan tol layang menggunakan Honda CR-VHPM Honda Prospect Motor menggelar uji coba berkendara di jalan tol layang menggunakan Honda CR-V

“Jadi sebelum memulai perjalanan, sebaiknya tentukan dulu mau lewat mana. Bisa mencari info dari berbagai sumber atau menggunakan GPS, Google Maps dan lain sebagainnya,” ucap Jusri kepada Kompas.com belum lama ini.

Terlebih lagi di saat musim hujan seperti saat ini. Jusri mengingatkan, pengemudi sebaiknya menghindari tempat wisata atau jalan yang rawan banjir atau longsor.

Baca juga: Sudah Tahu, Fungsi Utama Sun Visor pada Mobil             

“Jika terjadi longsor atau banjir akan sangat mengganggu perjalanan berlibur Anda. Jadi disarankan tentukan rute dulu sebelum memulai berjalanan,” kata dia.

Selain itu, menentukan rute sebelum perjalanan juga bisa menghindari diri dari tersesat di jalan. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.