Rencana Suzuki Aplikasi Teknologi Hybrid ke Ertiga pada 2022

Kompas.com - 27/12/2021, 09:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Seperti diketahui, berdasarkan hasil kunjungan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) beberapa waktu lalu ke Jepang, banyak agen pemegang merek (APM) yang akan melakukan pengembangan produk ke arah elektrifikasi. Salah satunya Suzuki Motor Corporation (SMC).

Dikabarkan Suzuki Jakal menabah investasi Rp 1,2 triliun untuk mulai produksi mobil elektrifikasi berbasis mild hybrid. Teknologi tersebut bakal disematkan pada mobil yang sudah memiliki pasar di Tanah Air, yakni Ertiga dan XL7.

Namun, sampai saat ini sendiri memang belum terlihat adanya tanda-tanda PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) bakal meluncurkan Ertiga yang lebih ramah lingkungan.

Padahal berdasarkan rencana yang didapat, MPV murah tersebut akan disematkan teknologi mild hybrid mulai 2022, dan dilanjutkan XL7 pada tahun berikutnya.

Baca juga: Viral, Video Fortuner Pelat Hitam Pakai Strobo Ngotot Minta Jalan

Ertiga Suzuki Sport FFKOMPAS.com/STANLY RAVEL Ertiga Suzuki Sport FF

Saat menanyakan kabar tersebut, Donny Saputra, 4W Marketing Director PT SIS mengatakan, belum bisa memberikan penjelasan atau keterangan lebih lanjut terkait rencana elektrifikasinya.

"Terkait soal itu, belum bisa bicara dulu. Produknya apa juga belum bisa saya sampaikan saat ini," ucap Donny saat dihubungi Kompas.com, Jumat (24/12/2021).

Walau belum bisa memberikan banyak penjelasan, tapi sebelumnya Donny sudah menyatakan bila Suzuki Indonesia sedang fokus ke arah elektrifikasi.

Bahkan produk Ertiga yang telah disuntik teknologi mild hybrid juga sudah pernah dipajang beberapa waktu lalu.

Baca juga: Pertalite dan Premium Dihapus, Apakah BBM Oktan Tinggi Cocok untuk Semua Kendaraan?

Ilustrasi teknologi e-Smart Hybridpaultan.org Ilustrasi teknologi e-Smart Hybrid

Tak hanya itu, keseriusan mempersiapkan produksi kendaraan berbasis elektrifikasi juga dibuktikan dengan menghentikan laju penjualan mobil murah ramah lingkungan alias low cost green car (LCGC), yakni Suzuki Karimun Wagon R.

"Secara domestik memang kita sedang fokus untuk kendaraan elektrifikasi. Jadi (Karimun Wagon R) di dalam negeri kami berhentikan," kata Donny beberapa waktu lalu.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.