Kenapa Pelek Motor Trail Pakai Model Jari-jari?

Kompas.com - 27/12/2021, 11:12 WIB

BOGOR, KOMPAS.comMotor trail merupakan salah satu model yang bisa dipilih masyarakat. Salah satu ciri khas dari motor trail adalah penggunaan pelek jari-jari.

Padahal jika diperhatikan pada model motor lainnya, tersedia pilihan pelek palang atau racing dan jari-jari. Biasanya, motor dengan pelek racing dibanderol dengan harga yang lebih mahal dibanding pelek jari-jari.

Namun bedanya, untuk motor trail biasanya tidak tersedia pilihan pelek racing, semuanya jari-jari. Lalu apa alasannya motor trail memakai pelek jari-jari dibanding palang?

Baca juga: PO Gunung Harta Buka Trayek Baru dengan Bus Double Decker

Yamaha WR 155R Fun Riding Competition di Bukit Hambalang, Sentul, BogorDOK. YIMM Yamaha WR 155R Fun Riding Competition di Bukit Hambalang, Sentul, Bogor

Muhammad Arief, Trainer Yamaha Riding Academy membeberkan penyebab motor trail lebih pas memakai pelek jari-jari. Pemilihan pelek pada motor trail sangat berpengaruh pada rasa berkendaranya ketika dipakai off road.

“Enggak ada motor off road itu pakai pelek racing, karena dia rigid, jadi gampang patah,” ucap Arief di Sentul belum lama ini.

Baca juga: Segera Meluncur, Ini Perbedaan Toyota Fortuner Legender dengan GR Sport

Lalu dipilihnya pelek jari-jari untuk motor trail karena lebih fleksibel dan ada karakter layaknya suspensi. Suspensi di sini maksudnya bisa meredam dengan baik medan jalan yang dilewati, terutama ketika di jalur off road.

“Jadi dari ban bisa berfungsi sebagai suspensi, lalu ada suspensi itu sendiri, pelek jari-jari juga seperti suspensi, ditambah posisi berkendara. Jadi memang off road itu perlu banyak suspensi,” ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.